Breaking News:

Deliserdang Sudah Buka Program Banpres Usaha Mikro Tahap 2, Ini Syaratnya

Deli Serdang menerima pendaftaran Banpres Produktif Usaha Mikro tahun 2021 wilayah Deli Serdang Tahap 2 hanya lewat online.

eform.bri.co.id/bpum
CARA Cek Nama Penerima Bansos BLT BPUM atau BLT UMKM di eform.bri.co.id/bpum, 2 Alternatif Pilihan 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Program Banpres Produktif Usaha Mikro tahap kedua di Deliserdang sudah dibuka kembal. Sebelumnya program yang sama telah ditutup pada akhir Apri lalu.

Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang, Nugraha Ari Syahputra, menuturkan, pihaknya kembali menerima pendaftaran Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 tahap 2 mulai 25 Mei 2021.

"Berbeda dengan sebelumnya, Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang menerima pendaftaran Banpres Produktif Usaha Mikro tahun 2021 wilayah Deli Serdang Tahap 2 hanya lewat online." kata Nugraha, Kamis (27/4).

Pendaftaran online usulan program ini bisa diakses di link diskopukm.deliserdangkab.go.id/bpum21 dengan mengikuti ketentuan.

"Setelah mendaftar online, pelaku usaha wajib mengantarkan berkas fisik ke panitia penerimaan berkas Banpres Produktif Usaha Mikro tahun 2021 Kabupaten Deli Serdang yang berada di P3UD (Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Deliserdang Jalan Medan – Lubuk Pakam kilometer 20,2 Tanjung Morawa pada hari kerja Senin – Jumat pukul 09.00 – 16.00 WIB maksimal tiga hari setelah mendaftar online," ujar Nugraha.

Sambungnya, apabila tidak mengikuti tahapan tersebut, maka secara otomatis data pelaku usaha akan dibatalkan dan tidak masuk dalam usulan Banpres Produktif Usaha Mikro tahun 2021.

Baca juga: Dana BPUM Sulit Cair, Bisa Jadi Ada KUR atau Tak Layak karena Bukan Usaha Mikro

Selain itu, pendaftaran online ini dikhususkan bagi pelaku usaha yang belum pernah mendapat Banpres Produktif Usaha Mikro sebelumnya.

Terkait hal ini, Nugraha menjelaskan untuk pendaftaran, para pelaku usaha wajib membawa berkas pendaftaran yaitu map, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Berusaha (NIB)/ Surat Kerangan Usaha (SKU), serta bagi pelaku usaha yang belum memiliki Izin usaha, bisa dibantu dengan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) di P3UD Deliserdang.

Syarat lainnya, print foto usaha beserta pelaku usaha (dalam posisi atau pengambilan gambar yang berbeda,  mengisi Surat Pernyataan Usaha (Surat Pernyataan bisa didapatkan di P3UD Deliserdang).

"Setelah mendaftar secara online, data pelaku usaha akan diseleksi terlebih dahulu oleh pihak Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Nantinya, pelaku usaha yang lulus akan diinformasikan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur," katanya.

Ia menambahkan, pelaku usaha bisa mengecek lulus atau tidaknya di link E-Form BRI secara berkala, paling cepat tiga minggu atau lebih setelah mendaftar online. Untuk mengecek lulus atau tidaknya bisa dicek di link ini https://eform.bri.co.id/bpum.

Penulis: Yufis Nianis Nduru
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved