Breaking News:

Ombak Besar Terjang Pantai Serambi Deli, Sejumlah Pondok Roboh

Ombak besar merobohkan sejumlah pondok di kawasan Pantai Serambi Deli atau biasa disebut Pantai Putra Serdang di Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang

TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Sejumlah pondok roboh dihantam ombak di Pantai Serambi Deli, Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (27/5/2021). 

Laporan wartawan Tribun Medan / Muhammad Anil Rasyid

TRIBUN-MEDAN.com, PANTAILABU - Ombak besar merobohkan sejumlah pondok di kawasan Pantai Serambi Deli atau biasa disebut Pantai Putra Serdang di Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sumatera Utara.

Amatan tribun-medan.com, Kamis (27/5/2021), tampak sejumlah pondok yang berdiri kokoh roboh pasca kena hantaman ombak besar yang kuat. Tampak juga sejumlah pohon cemara laut ikut tumbang.

"Kejadian ini sekitar pukul 12.45 WIB, Rabu (26/5)2021), itu lagi besar-besarnya air. Terpaan air sangat kuat. Pasangnya pun besar atau biasa yang disebut pasang pedani," ujar pengawas pantai, Abdul Hamid, Kamis.

Lanjut Hamid, pasang pedani ini biasanya terjadi tiga bulan hingga enam bulan sekali dalam satu tahun.

"Kalau kejadian seperti ini sudah pernah terjadi. Cuma kali ini karena dibarengi angin yang kencang sehingga ada kerusakan seperti sekarang ini," ucap Hamid.

Atas kejadian ini, pria yang berprofesi sebagai nelayan ini menjelaskan, para pengelola mengalami kerugian hingga puluhan juta.

"Ini kan sebenarnya bisa kita bilang perbuatan manusia juga. Jadi dulu di sini ada penambangan. Ngambil pasir tidak jauh sekitar 500 meter dari pinggir pantai," ucap Hamid.

Pasca peristiwa ini, sejumlah warga yang bertempat tinggal sekaligus mencari mata pencaharian di pinggiran Pantai Serambi Deli, berharap kepada pemerintah desa untuk membantu setidaknya membuat pemecah ombak.

"Kami berharap setidaknya pemerintah desa untuk membantu membuat pemecah ombak agar ombak besar yang mengahantam pinggiran pantai tidak terlalu kuat," ucap Abdul Hamid. (CR23/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved