Breaking News:

Ahli IT Paling Menjanjikan, Pilihan Profesi saat Pandemi

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, katanya, menyebabkan interaksi masyarakat dan bisnis sangat tergantung dengan informasi dan teknologi.

Kompas
Ilustrasi peluang terkait era internet dan digital. (Thinkstock) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Profesi Information Technology (IT) dapat menjanjikan di tengah keadaan Covid-19 dan pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini disampaikan Wahyu Ario Pratomo, Pengamat Ekonomi Sumatera Utara dan Paidi, Pengamat Ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU).

"Profesi yang paling dibutuhkan ke depan adalah profesi yang mendukung kegiatan masyarakat yang di masa depan sangat tergantung dengan perkembangan teknologi," kata Wahyu Ario Pratomo, Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, pekan lalu.

Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, katanya, menyebabkan interaksi masyarakat dan bisnis sangat tergantung dengan informasi dan teknologi.

"Dengan demikian, profesi yang diperlukan terkait dengan keahlian seseorang akan penyediaan layanan informasi dan komunikasi. Contoh dengan munculnya digital bank, peranan teller sudah tidak dibutuhkan lagi. Bank akan lebih memerlukan tenaga Information Technology (IT) untuk memberikan layanan optimal bagi nasabahnya," ujar Wahyu.

Baca juga: Terungkap Asal Usul Keluarga Raffi Ahmad, Di Tubuhnya Mengalir Darah Pakistan, Ini Profesi Kakeknya

Wahyu juga menuturkan dalam keadaan ini, produk dan jasa kesehatan dapat menjadi peluang bagi bisnis.

"Pandemi Covid-19 saat ini memberikan peluang bagi bisnis terkait dengan produk dan jasa kesehatan. Dengan peristiwa pandemi Covid-19 masyarakat merubah gaya hidup untuk bekerja, membeli kebutuhan sehari-hari, mencari hiburan dan lain-lain dengan memanfaatkan teknologi," kata Wahyu.

Ia menambahkan, maka bisnis baru yang bermunculan berkaitan dengan layanan kesehatan pribadi (produk-produk yang menjaga kesehatan), layanan penyediaan kebutuhan sehari-hari, layanan pendidikan, penyediaan hiburan secara private, dan sebagainya.

"Intinya diperlukan kreativitas dan inovasi baru sehingga akan memunculkan kebutuhan tenaga kerja baru," tambahnya.

Hal senada disampaikan Paidi, Pengamat Ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU). Ada lima profesi yang dapat menjanjikan mulai ahli IT hingga ahli lingkungan.

"Profesi menjanjikan ke depan ada lima yakni ahli IT (programmer, desainer, software developer), ahli keuangan, data analyst (ahli data), digital marketer, dan ahli lingkungan," kata Paidi.

Halaman
1234
Penulis: Yufis Nianis Nduru
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved