Breaking News:

Dewas KPK Sebut Ada Aliran Uang Rp 3 Miliar dari Azis Syamsuddin kepada Stepanus Robin Pattuju

Dewan Pengawas KPK mengungkap fakta mengejutkan tentang aliran uang kepada penyidik KPK yang telah dipecat, Stepanus Robin Pattuju.

Editor: Juang Naibaho
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Oknum Penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dinyatakan bersalah oleh Dewas KPK, Senin (30/5/2021). AKP Robin akhirnya diberhentikan tidak hormat melalui sidang pelanggaran Kode Etik karena diduga menerima suap Rp 1,6 Miliar terkait kasus korupsi Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial 

TRIBUN-MEDAN.com - Dewan Pengawas KPK mengungkap fakta mengejutkan tentang aliran uang kepada penyidik KPK yang telah dipecat, Stepanus Robin Pattuju.

Nama Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin disebut pernah memberikan uang hingga Rp 3 miliar lebih kepada Stepanus Robin Pattuju.

Dalam pertimbangan putusan Majelis Etik Dewas KPK yang menangani pelanggaran etik Stepanus, disebutkan bahwa Azis Syamsuddin memberikan uang sebesar Rp 3,15 miliar kepada Stepanus.

Uang itu terkait penanganan perkara di Lampung Tengah yang terkait dengan kader Partai Golkar Aliza Gunado.

Ali menegaskan, sebagai bentuk komitmen KPK atas prinsip zero tolerance terhadap insan KPK yang diduga melakukan pelanggaran etik, selain sidang etik yang memutuskan memberhentikan secara tidak hormat atau memecat Stepanus sebagai pegawai KPK, lembaga antirasuah juga terus mengusut dan menuntaskan proses hukum yang menjerat Stepanus.

Saat ini, kata Ali, tim penyidik masih terus mengumpulkan bukti-bukti dan mengembangkan lebih lanjut informasi dan fakta yang telah diperoleh dari hasil penyidikan.

"Termasuk tentu juga informasi dan data dari hasil pemeriksaan Majelis Etik," kata Ali.

Untuk itu, Ali mengatakan, tim penyidik akan mendalami uang yang diduga diterima Stepanus.

Tak hanya dari Wali Kota Tanjungbalai Syahrial, tetapi juga dari pihak lainnya.

"Terkait jumlah uang yang diduga diterima tersangka SRP (Stepanus Robin Pattuju) akan dikembangkan lebih lanjut pada proses penyidikan perkaranya yang saat ini masih terus dilakukan," kata Ali.

Baca juga: Terkait Kasus Wali Kota Tanjungbalai, Ruang Kerja Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Digeledah KPK

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M Azis Syamsuddin.
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M Azis Syamsuddin. (Azka/man (dpr.go.id))

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved