Breaking News:

CPNS Sumut

Pemprov Sumut Tak Buka Rekrutmen CPNS Tahun 2021, Ini Penyebabnya!

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tidak membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun Anggaran (TA) 2021.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Kepala BKD Sumut Faisal Arif Nasution mengatakan, Pemprov telah mengusulkan agar 12 ribu guru honorer ikut rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tidak membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun Anggaran (TA) 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, Faisal Arif Nasution menyebutkan yang melatarbelakangi Pemprov Sumut tidak membuka penerimaan CPNS tahun ini, bukan disebabkan soal ketiadaan anggaran.

"Kalau CPNS Pemprov Sumut. tidak ada pengadaan tahun ini. Sebab tahun lalu (2020) kita tidak masukkan di e-Formasi karena ada analisis jabatan dan analisis beban kerja yang belum terpenuhi karena ada nomenklatur baru," jelas Faisal, Rabu (2/6/2021). 

Selain Pemprov Sumut, kata Faisal, penerimaan CPNS juga tidak dilakukan oleh sejumlah pemkab/pemko pada tahun 2021.

Ada delapan kabupaten/kota yakni Pemko Gunungsitoli, Pemkab Pakpak Bharat, Pemkab Dairi, Pemkab Labuhanbatu Utara, Pemkab Tapanuli Selatan, Pemko Sibolga, Pemko Tanjungbalai, dan Pemkab Simalungun. 

Terkait penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Sumut, Faisal mengaku masih menunggu petunjuk resmi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VI Medan. 

"Sampai dengan saat ini informasi yang saya dapatkan dari Kanreg BKN Medan, Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) belum memutuskan tentang jadwal dan tahapan seleksi PPPK. Prediksi mereka tahapan dan seleksi PPPK akan diumumkan secara resmi oleh Panselnas hari Jumat," ungkapnya.

Baca juga: Pemprov Sumut Dapat Jatah 10.991 Formasi Guru PPPK

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengeluarkan surat Keputusan Nomor 682 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawaian Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemprov Sumut TA 2021.

Dalam surat yang ditandatangani Menpan RB Tjahjo Kumolo tersebut tertulis bahwa rincian penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Sumut sebanyak 10.991 formasi.

"Sudah ada surat Menpan RB, Sumut 10.991 formasi," kata Faisal, Kamis (27/5/2021) lalu.

Terpisah, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana melalui Surat Nomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 menjelaskan tentang adanya usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi.

Sehingga, jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2021 akan diinformasikan lebih lanjut.

"Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh Pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut," keterangan yang terdapat di poin ke-8 dalam surat tersebut.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved