Breaking News:

Tes GeNose Laris Manis di Stasiun KA Medan, Dibanderol Rp 30 Ribu

Tingginya minat penumpang menggunakan tes GeNose lantaran harga yang relatif murah sebesar Rp 30 ribu.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas medis memasukkan kantong berisi CO2 milik calon penumpang kereta api untuk dites Covid-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Kereta Api, Medan, Sabtu (22/5/2021). Stasiun Kereta Api Medan perdana menggunakan GeNose C19 untuk tes Covid-19 bagi para calon penumpang jarak jauh, hasil tes tersebut kemudian menjadi dokumen syarat perjalanan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejak resmi diberlakukan pada akhir Mei lalu di PT Kereta Api Indonesia (KAI), tes GeNose di Sumut kini semakin laris manis diminati penumpang.

"Mulai 22 Mei, sudah 5.000 pelanggan KA yang sudah memanfaatkan layanan GeNose C-19," ungkap Manajer Humas PT KAI, Mahendro Trang Bawono, Rabu (2/6/2021).

Berdasarkan catatan PT KAI Divre I Sumut, Stasiun KA Medan paling banyak permintaan tes GeNose yang menjadi syarat perjalanan antarkota dengan melayani setidaknya 208 penumpang per hari.

Dikatakan Mahendro, tingginya minat penumpang menggunakan tes GeNose lantaran harga yang relatif murah sebesar Rp 30 ribu dibanding tes lainnya.

"Dengan harga yang relatif murah dan terjangkau mem

Baca juga: Lokomotif Tua, Saksi Sejarah Kereta Api Medan

buat calon penumpang lebih memilih menggunakan layanan GeNose ketimbang Rapid Test," jelasnya.

Namun begitu, Mahendro tak dapat memungkiri bahwa masih ada masyarakat yang belum tersosialisasi mengenai tes GeNose ini.

"Yang menjadi kendala saat ini yaitu belum familiarnya layanan GeNose sehingga banyak penumpang yang masih bingung ketika akan melakukan pemeriksaan GeNose C-19," kata Mahendro.

Saat ini, PT KAI menerima Layanan tes GeNose C-19 ini untuk lima stasiun di Sumut, yakni Stasiun Besar Medan, Stasiun Tebing Tinggi, Stasiun Kisaran, Stasiun Tanjung Balai, dan Stasiun Rantau Prapat.

Untuk di Kota Medan, saat ini stasiun KA Medan memiliki empat layanan bilik yang tersedia sehingga dapat memaksimalkan penumpang secara bertahap untuk melakukan tes.

"Sementara ini kita belum ada penambahan pegawai di bagian GeNose karena jumlah stasiun maupun bilik pelayanan GeNose belum ada rencana untuk penambahan," pungkasnya.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved