Breaking News:

UISU-UIR Tandatangani Nota Kesepahaman

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru Senin (31/5/2021)

Editor: Ismail
Dok. Humas UISU
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor UIR  Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, M.C.L tengah menandatangani nota kesepahaman di Gedung Rektorat Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru Senin (31/5/2021). 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru Senin (31/5/2021). Penandatanganan kerjasama itu langsung dihadiri Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor UIR  Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, M.C.L di Gedung Rektorat Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam keterangannya mengatakan bahwa rencana kerjasama antara kedua perguruan tinggi swasta itu sudah lama direncanakan sebelumnya. “Alhamdulillah saat ini dapat kita wujudkan, semoga ini menjadi awal yang baik untuk kolaborasi kedua perguruan tinggi,”ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Umum Yayasan UISU/Prof.Ismet Danial Nasution,drg.,PhD, Sp.Pros(K), FICD bersyukur atas penandatanganan MoU tersebut. “Alhamdulillah, UISU melangkah lagi dalam bidang kerjasama antar Institusi Pendidikan yaitu menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru. Semoga kolaborasi antara UISU dan UIR ini akan dapat saling memberi nilai dan makna yang sangat strategis untuk pengembangan kedua perguruan tinggi dalam mengisi peran aktif Perguruan Tinggi terhadap pembinaan dan pendidikan masyarakat pada tahap berbagai level Pendidikan,” ujar Prof. Ismet. Dijelaskannya, hal penting lainnya kolaborasi ini diharapkan dapat mencari solusi permasalahan kehidupan yang begitu dinamis di masyarakat, agama, bangsa dan negara melalui pendekatan ilmiah.

Rektor UISU mengatakan bahwa kerjasama antara UISU dan UIR sangat strategis karena kedua perguruan tinggi memiliki kesamaan secara historis. UIR Pekenbaru merupakan perguruan tinggi tertua di Provinsi Riau dan UISU merupakan perguruan tinggi yang pertama kali berdiri di Sumatera utara pada tahun 1952. Di sisi lain, UISU dan UIR merupakan Perguruan tinggi swasta yang sama-sama mengedepankan nilai-nilai keislaman dalam pencapaian visi dan misi institusinya.

Sebab itu, kerjasama yang ditandatangani kedua pimpinan perguruan tinggi wasta itu sangat penting dalam rangka kolaborasi yang dapat memberikan manfaat untuk pengembangan institusi kedua perguruan tinggi. Terlebih, katanya, dalam rangka implementasi konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) perguruan tinggi dituntut untuk mampu bekerjasama dengan dengan perguruan tinggi lainnya.

Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP berharap kerjasama yang sudah ditandatangani dengan UIR Pekanbaru ini dapat segera ditindaklanjuti Lembaga dan Fakultas yang ada di lingkungan UISU untuk menyepakati Perjanjian Kerjasama (memorandum of agreement) sehingga dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan.

Dalam waktu dekat, kata Rektor UISU, pihaknya akan melakukan kesepakatan kerjasama untuk kegiatan penelitian bersama (joint research) terkait kearifan lokal kajian budaya Melayu. Sementara pihak UIR dalam waktu dekat juga akan merencakan kerjasama joint program untuk pertukaran dosen dan Guru Besar guna penyelenggaran program pasca sarjana.

Berdasarkan nota kesefahaman yang ditandatangani setidaknya ada 4 bidang yang dapat dikerjasama antara UISU dan UIR sesuai dengan Catur Dharma kedua perguruan tinggi yakni Pendidikan; Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; Pengabdian Masyarakat dan; Dakwah Islamiah.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, M.C.L beserta seluruh pimpinan yang telah bersedia bekerjasama dengan UISU. “In Shaa Allah ini menjadi motivasi dan semangat bagi seluruh civitas akademika, baik UISU maupun UIR untuk dapat mengembangkan perguruan tinggi masing-masing.”ujarnya.

Selain Rektor UIR, hadir dalam kegiatan penandatangani itu, Wakil Wakil Rektor II Dr. Ir. H. Asrol, M.Sc, Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi M.SC, Kepala Badan Hukum & Etik Dr. Ardiansyah, SH, MH, Kepala Kantor Urusan Internasional Kerjasama Dr. Rendi Prayuda, M.Si dan Kepala Biro Akademik & Kemahasiswaan Dr. Kurnia Hastuti, M.T.  (***)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved