Breaking News:

Ada Jalan Tol, Investor Banyak Berinvestasi di Serdang Bedagai

Sampai sekarang investasi masuk untuk PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) sudah 330 miliar. Untuk Penanaman Modal Asing (PMA) sudah 664 dolar.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
SEJUMLAH kendaraan melintasi jalan tol fungsional Helvetia-Marelan, di Medan, beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, SEI RAMPAH - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mencatat investasi yang masuk ke Kabupaten mulai bergerak meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi. Kondisi ini dinilai lebih baik dari tahun sebelumnya dimana awal-awal mula merebaknya virus Covid-19. Selain investasi lokal Kabupaten Sergai juga dilirik oleh investasi asing.

"Sampai sekarang investasi masuk untuk PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) sudah 330 miliar. Untuk Penanaman Modal Asing (PMA) sudah 664 dolar. Semuanya korporasi," ujar Kepala DPMP2TSP Sergai, Dingin Saragih, Jumat (4/6/2021).

Dingin menyebut beberapa perusahaan akan berdiri pada tahun 2021 ini juga dan posisinya tersebar di beberapa kecamatan. Terkait hal ini, ke depannya akan banyak jumlah tenaga kerja yang akan direkrut nantinya dan bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sergai.

"Sudah banyak yang berinvestasi ke Sergai. Ada perusahaan untuk pembuatan kayu pres dari batang pelepah sawit di Dolok Masihul. Ada juga peternakan ayam juga di sana, pabrik es batu dan pabrik minyak goreng di Sei Bamban. Kalau untuk yang asing ada (budidaya) ikan patin di Teluk Mengkudu," kata Dingin.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ini mengatakan investor masuk ke Sergai karena adanya jalan tol. Hal ini memudahkan karena menghubungkan daerah Sergai dengan daerah lainnya. Selain itu pihaknya juga siap membantu proses perizinan agar investor semakin terus berdatangan.

"Tahun ini bisalah (perusahaan mulai melakukan perekrutan tenaga kerja). Kalau berapa jumlahnya kita nggak tahulah karena kitakan ngurusin investasi saja. Ada yang ngurus izin ya kita berikan kemudahan-kemudahan," kata Dingin.

Janji untuk menciptakan lapangan pekerjaan sempat diucapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan saat masa kampanye. Saat ini janji ini pun tengah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Hal ini lantaran angka pengangguran terus bertambah setiap tahunnya.

"Ini anak ku tamat SMK mau kali kerja dia bantu orang tua karena nggak sanggup untuk mengkuliahkannya saya. Sekarang yang susah cari kerja di Sergai ini karena sedikit perusahaan. Ini kami tanya-tanya juga sama saudara di Deliserdang karena di daerah Tanjung Morawa yang banyak perusahaan. Orang Sergai inikan banyak yang kerja pabrik di Deliserdang. Kalau memang ada di Sergai, ngapain ke Deliserdang," kata Sopian Siregar, warga Perbaungan.

Baca juga: Pemkab Sergai Hentikan Segela Kutipan Parkir, Berikut Penjelasannya

Kadis Kominfo Sergai, Akmal menyebut Bupati Darma Wijaya dan dan Wakil Bupati Adlin Tambunan mempunyai komitmen menangani masalah pengangguran. Komitmen ini sudah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

" Untuk yang sekarang ini sudah ada mau buka pabrik es. Jadi es inikan memang dibutuhkan nelayan untuk ikan yang mereka dapatkan. Yang jelaskan kalau sudah ada pabrik nantikan akan ada itu tenaga kerjanya," ujar Akmal.(dra/tribun-Medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved