Breaking News:

News Video

Kepala Desa Hutanamora Perlihatkan Keindahan Air Terjun Sibombongan Balige

Kades Hutanamora, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Jupri Simangunsong memperlihatkan keindahan air terjun Sibombongan.

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Menikmati keindahan alam yang masih original, tanpa ada sentuhan pembangunan pariwisata, Kades Hutanamora, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Jupri Simangunsong memperlihatkan keindahan air terjun tersebut.

"Ini adalah air terjun Sibombongan yang ada di Desa Hutanamora, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Tinggi air terjun nya sekitar 25 meter," ujar Kades Jupri Simangunsong pada video yang diperoleh tribun-medan.com pada Senin (7/6/2021).

"Ini belum hits. Ini juga pertama kali kita ke sini," sambungnya.

"Ikan yang ada di dalamnya itu hanya ihan batak. Cuman sekali aja dijaring. Kalau dijaring lagi, pasti enggak dapat lagi," sambungnya sembari menikmati keindahan alam di kawasan air terjun tersebut.

Dalam uraiannya seorang petualang Liber Pardede mengutarakan keindahan alam tersebut.

"Pertama menginjakkan kaki dikampung ini, saya langsung jatuh cinta, melihat hamparan pematang sawah yang sangat luas tersusun luas, indah dipandang mata," ujarnya saat dikonfirmasi tribun-medan.com pada Senin (7/6/2021).

Terlihat bahwa tatanan pedasaan khas kampung batak masih sangat terasa. Rumah sopo dengan gorga dan catnya yang masih asli, dilengkapi dengan alat penumbuk (losung losung batu) serta susunan pohon bambu sebagai pintu (dalam bahasa Batak Toba: harbangan ni huta) masih tertata rapi.

Ia mengutarakan bahwa Desa Hutanamora, merupakan huta marga Simangsong keturunan dari Opung Ratus. Di desa tersebut, para pengunjung menemukan dua air terjun yang masih sangat alami, jarang dikunjungi orang luar desa, karena desa ini bukan merupakan desa wisata.

Terlihat dalam video tersebut, pemandangan yang disuguhkan sangat asri dan alami, meniti air sungai yang menjadi tempat anak-anak bermain. Berjalan diantara lembah yang ditumbuhi pohon-pohon pinus.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Bobby Silalahi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved