Breaking News:

Pemerintah Beri Bantuan UMKM Penyandang Disabilitas, Nilainya Capai Rp 7 Juta

Kami sudah sosialisasi hal ini di tiap daerah melalui media komunikasi dengan pembina UKM di kabupaten/kota

t r ibunnews
Ilustrasi uang BLT 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Pemerintah sebar bantuan untuk para wirausaha dengan memperioritaskan daerah afirmatif, kelompok penyandang disabilitas, dan pemenuhan amanat Inpres. Terkait program ini, Sumatera Utara mendapat bagian melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Sumut untuk membantu pengajuan proposal, termasuk membantu penyelesaian administrasi realisasi bantuan.

Hal ini disampaikan Juniari Siahaan, Kasi Pengelolaan Data Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Utara, Senin (7/6/2021).

"Kami sudah sosialisasi hal ini di tiap daerah melalui media komunikasi dengan pembina UKM di kabupaten/kota dan dalam ini kami akan bantu calon penerima bantuan bagi wirausaha dalam pengajuan proposal," kata Juniari.

Baca juga: CARA CEK Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BRI & BNI, Silakan Cairkan Bawa KTP

Juniari menambahkan, akan melakukan koordinasi penyelenggaraan program bantuan dana bagi wirausaha dengan pihak terkait di wilayah kabupaten/kota dan pemerintah kota, melakukan verikasi kelengkapan persyaratan dan administrasi calon penerimaan program bantuan dana wirausaha sesuai ketentuan yang didukung oleh perangkat daerah kabupaten/kota. Program ini juga tidak ada kuota per provinsi terkait hal ini.

Selain itu, ia menuturkan, program bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), diberikan dalam bentuk uang yang ditransfer ke rekening penerima program bantuan.

Lalu, nilai program bantuan untuk setiap wirausaha maksimal sebesar Rp 7 juta dan perlakuan akuntasi terhadap program bantuan dibukukan oleh penerima program bantuan.

"Namun, dalam hal ini ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti fotokopi KTP, rekening tabungan, NPWP, NIB/SKDU, ijazah, sertifikat pelatihan, surat pernyataan, surat rekomendasi, surat pengantar/dukungan, dan persyaratan lainnya," ujar Juniari.

Setelah itu, tujuan penyusunan bantuan pemerintah bagi wirausaha yaitu meningkatkan rasio kewirausahaan dengan adanya peningkatan jumlah wirausaha yang kreatif, inovatif, produktivitas usaha yang tangguh dan mandiri dalam menghasilkan barang, jasa yang memiliki nilai tambah dan berdaya saing yang mampu menyerap tenaga kerja.

Penulis: Yufis Nianis Nduru
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved