Breaking News:

News Video

Persatuan Sopir Angkutan Binjai - Medan Demo di Depan Kantor Ombudsman Sumut

Persatuan sopir angkutan kota Binjai - Medan melakukan unjuk rasa di depan kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara.

Penulis: Goklas Wisely
Editor: Bobby Silalahi

Laporan Wartawan Tribun-Medan/Goklas Wisely

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Persatuan sopir angkutan kota Binjai - Medan melakukan unjuk rasa di depan kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Senin (7/6/2021).

"Aksi kami hari ini untuk meminta Ombudsman memeriksa izin PT Rahayu Medan Ceria yang membuka trayek baru dengan nomor kode trayek 120 P," kata pimpinan aksi Hans Sotarduga Simanjuntak kepada Tribun Medan saat diwawancara di kantor Ombudsman Sumut.

Dia menjelaskan trayek itu sudah diberlakukan sejak 18 Januari 2021. Adapun jurusannya dari Binjai ke Lubukpakam.

Menurut Hans trayek tersebut sudah melampaui batas Kabupaten/Kota. Sehingga, persyaratan teknis, berdasarkan aturan dari menteri, semisal soal fisik kendaraan harusnya dipenuhi.

"Tapi ini kan tidak. Seharusnya bentuk fisik kendaraan yang dioperasikan itu bus besar. Tapi ini di trayeknya 120 P justru serupa dengan angkutan kota," ucapnya.

Demikian, trayek ini dianggapnya hal tersebut melanggar ketentuan yang berlaku. Walhasil sanksinya bisa saja pencabutan izin.

"Makanya kami minta kepada Dinas Perhubungan Sumut agar diperiksa. Karena kami duga Kepala Dishub Sumut memback up soal ini," ungkapnya.

Ia pun mengutarakan seharusnya setiap unit kendaraan ada kartu pengawasnya yang berbentuk elektronik. Tapi sampai saat ini angkutan 120 P masih pakai kartu pengawas lama sehingga tidak berlaku.

"Dari situ dugaan kami semakin kuat ada permainan antara Direksi PT Rahayu Medan dengan Kadishub Sumut," tegasnya.

Amatan Tribun Medan, puluhan sopir angkutan melakukan aksi tepat di depan kantor Ombudsman Sumut.

Satu di antara massa aksi pun menenteng spanduk yang bertuliskan, "Aksi protes terhadap pembiaran pelanggaran Permenhub No 15 Tahun 2019 oleh Dinas Perhubungan Sumut. Dilakukan PT Rahayu Medan Ceria trayek 120 P jurusan Binjai - Lubukpakam."

Ada pun massa aksi langsung disambut oleh Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar beserta beberapa staf lainnya.

Sementara itu, tampak pihak kepolisian berjaga untuk tetap memantau unjuk rasa. Demonstrasi pun berlangsung dengan damai dan aman.

(cr8/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved