Breaking News:

Selisih Suara 310, PSU di Dua TPS di Labuhanbatu Direncanakan 19 Juni

Jelang PSU kali ini tidak ada lagi pemutakhiran data pemilih serta tidak juga ada kegiatan kampanye oleh setiap pasangan calon.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
HO / Tribun Medan
PASANGAN Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Labuhanbatu, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil unggul di delapan dari sembilan tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU), pada Sabtu (24/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu untuk kembali menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS).

Perintah itu berdasarkan sidang dengan agenda putusan MK atas sengketa Pilkada Labuhanbatu, pasca-PSU di sembilan TPS yang diajukan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faisal Amri Siregar.

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi menyebutkan, pascaputusan MK itu, pihaknya langsung berkonsultasi dengan KPU RI terkait rencana pelaksanaan PSU di TPS 007 dan TPS 009, yang berada di Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

"Rencananya tanggal 19 Juni hari H," kata Wahyudi, Senin (7/6/2021).

Pemilihan jadwal tersebut lantaran 19 Juni 2021 merupakan hari Sabtu. Harapannya, agar seluruh pemilih di dua TPS yang akan melaksanakan PSU, memiliki keleluasaan waktu untuk bisa datang memberikan suaranya di TPS.

Dijelaskan juga, jelang PSU kali ini tidak ada lagi pemutakhiran data pemilih serta tidak juga ada kegiatan kampanye oleh setiap pasangan calon. "Tidak ada pemutakhiran data dan tidak ada kampanye," sebutnya.

Sebelumnya, dari 9 TPS di Labuhanbatu yang melaksanakan PSU, pasangan Andi-Faisal hanya menang di satu TPS. Sementara pesaingnya, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil meraih suara terbanyak di delapan TPS.

Hasil rekapitulasi terhadap 9 TPS yang melakukan PSU bersama 1.052 TPS lainnya, pasangan Erik-Ellya memeroleh 88.493 suara. Sementara Andi-Faisal mendapat 88.183 suara.

Baca juga: MK Putuskan KPU Labuhanbatu Kembali Gelar PSU di Dua TPS

Adapun selisih suara pasangan Erik-Ellya dengan pasangan Andi-Faisal sebesar 310 suara. Sedangkan jumlah DPT di dua TPS, yakni TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan pada PSU lalu sebanyak 941 pemilih.

Untuk diketahui, dalam Pilkada Labuhanbatu 2020, pasangan Andi-Faisal diusung Partai Golkar. Untuk pasangan Erik-Ellya diusung Partai Hanura, Partai Nasdem, PDI Perjuangan dan PKB. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved