Breaking News:

Penggeledahan Kantor Oknum PNS Dishub

AKHIRNYA Terkuak, Oknum PNS Dishub Sudah Bolos Kantor sejak Berstatus Terperiksa

Sejak terperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan CCTV pada Dinas Perhubungan Kota Binjai, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Juanda bolos kantor.

Penulis: Satia | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun Medan/ Satia
Selain Rumah PNS Dishub Juanda, Jaksa Geledah Perusahaan Citra Sandhya Terkait Dugaan Korupsi CCTV 

TRIBUN MEDAN.COM, BINJAI - Sejak terperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan CCTV pada Dinas Perhubungan Kota Binjai, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Juanda bolos kantor.

Pemeriksaan terhadap dugaan korupsi pengadaan CCTV ini, bermula pada Mei lalu.

Sejak saat itulah, Juanda tidak pernah masuk kantor.

Penyidik Kejari Binjai menyita sejumlah dokumen dari kantor Citra Sandhya milik ASN Dishub Kota Binjai bernama Juanda, Selasa (8/6/2021). Dokumen yang disita berkaitan dengan korupsi pengadaan CCTV.(TRIBUN MEDAN/SATIA)
Penyidik Kejari Binjai menyita sejumlah dokumen dari kantor Citra Sandhya milik ASN Dishub Kota Binjai bernama Juanda, Selasa (8/6/2021). Dokumen yang disita berkaitan dengan korupsi pengadaan CCTV.(TRIBUN MEDAN/SATIA) (TRIBUN MEDAN/SATIA)

Dalam PP 53 Tahun 2010 ini yang dimaksud dengan, Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin.

Pada aturan tersebut, dimaksud juga didalamnya mengenai kehadiran ASN dalam bekerja. Jika kedapatan bolos dengan batas dan alasan tidak tepat, akan dikenakan sanksi tegas.

Selain Rumah PNS Dishub Juanda, Jaksa Geledah Perusahaan Citra Sandhya Terkait Dugaan Korupsi CCTV
Selain Rumah PNS Dishub Juanda, Jaksa Geledah Perusahaan Citra Sandhya Terkait Dugaan Korupsi CCTV (Tribun Medan/ Satia)

Menyikapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Binjai, Rahmad Fauzi Salim mengaku masih bertugas di luar kota.

Dan dirinya juga belum dapat memastikan, apakah teguran tersebut sudah dilampirkan oleh Dinas Perhubungan ke BKD.

KEJARI BINJAI - Selain menggeledah rumah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Perhubungan bernama Juanda, Kejakasaan Negeri juga mendatangi perusahaan miliknya di Jalang Traktor, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (8/6/2021).
KEJARI BINJAI - Selain menggeledah rumah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Perhubungan bernama Juanda, Kejakasaan Negeri juga mendatangi perusahaan miliknya di Jalang Traktor, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (8/6/2021). (Tribun-medan.com/ Wen Satia)

"Saya masih tugas di luar kota, belum tahu apakah surat tersebut sudah masuk ke BKD atau belum," ungkapnya.

Menurutnya, dalam aturan tidak diperbolehkan ASN melanggar peraturan tersebut. Jika melanggar, bukan tidak mungkin akan dipecat dari PNS, sesuai pelanggaran yang dilakukan.

Adapun sanksi tegas yang tertuang dalam PP 53, yakni penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 (tiga) tahun, kemudian pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved