Breaking News:

PTPN IV Andalkan CHIPS untuk Tekan Penyakit Ganoderma

Sejenis cendawan ini membuat perkebunan kelapa sawit merugi hingga triliunan rupiah. 

Penulis: Kartika Sari
Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Manajemen PTPN IV saat meninjau hasil Demplot Pengendalian Ganoderma dengan penggunaan produk CHIPS dengan tim PKT di Kabupaten Langkat, Selasa (8/6/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - PTPN IV optimistis dapat mengendalikan parasit ganoderma yang menjadi momok perkebunan kelapa sawit.

Sejenis cendawan ini membuat perkebunan kelapa sawit merugi hingga triliunan rupiah. 

Komisaris Independen PTPN IV Atas Wijayanto mengatakan saat ini perusahaan plat merah itu menggunakan produk PT Propadu Konair Tarahubun, yaitu CHIPS, untuk pengendalian ganoderma.

“PTPN IV bertekad menjadikan tanaman kelapa sawit bisa bertahan lebih dari 25 tahun. Kuncinya ada di pengendalian ganoderma. Mudah-mudahan dengan teknologi CHIPS ini, serangan ganoderma dapat diatasi," tuturnya dalam kegiatan peninjauan hasil Demplot Pengendalian Ganoderma di Langkat, Selasa (8/6/2021).

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno mengatakan, hasil produksi sawit di PTPN IV naik hingga dua ton per hektar dalam setahun terakhir. 

Sucipto menyatakan tingkat produktivitas sawit tersebut dapat terus digenjot apabila serangan ganoderma dapat diatasi.

“Dalam satu tahun, produktivitas sawit kita meningkat. Namun upaya peningkatan tetap ada, terlebih masih ada permasalahan utama yang belum terkawal, yaitu serangan ganoderma," jelasnya.

Pencipta teknologi CHIPS, Supeno Surija membeberkan bahwa PKT optimis CHIPS dapat membantu peningkatan produksi sawit PTPN IV.

"Kami terus melakukan riset mengenai pengendalian ganoderma, mudah-mudahan kerjasama antara PKT dan PTPN IV dapat terjalin dengan baik," ujar Supeno. (cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved