Breaking News:

Tips Dapur Cerdas

Tips Pisahkan Daging Iga Kambing dari Tulangnya

Salah satu resep iga kambing sempat dipraktikkan oleh Executive Chef Hotel Santika Mega City Sadar Bonar Nababan.

Editor: Royandi Hutasoit
Shutterstock/TADAphotographer
Ilustrasi memisahkan iga kambing dari tulangnya 

TRIBUN-MEDAN.com - Salah satu bagian kambing yang mudah untuk diolah adalah bagian iganya. Iga kambing bisa dimasak dalam waktu yang cepat karena mudah empuk.

Salah satu resep iga kambing sempat dipraktikkan oleh Executive Chef Hotel Santika Mega City Sadar Bonar Nababan.

Bonar memasak sajian Iga Kambing Sambal Jambrong dalam sesi Live IG Kangen Masakan Kampungku di Instagram @my.foodplace, Kamis (3/6/2021).

Iga kambing yang dimasak Bonar sebelumnya telah dipisahkan dari bagian tulangnya sehingga lebih cepat matang dan mudah dimakan.

Bonar memberikan beberapa tips mudah memisahkan daging iga kambing dari tulangnya seperti berikut:

1. Gunakan pisau tajam

Pertama adalah mempersiapkan pisau yang punya ketajaman baik. Dengan pisau yang tajam, maka daging akan lebih mudah terpotong. Nantinya hasil potongan akan lebih halus dan tidak berantakan.

 

2. Ikuti arah tulang

Kemudian gunakan pisau untuk memotong daging iga mengikuti arah tulang. Jangan lupa untuk membuang bagian lemaknya sebanyak mungkin karena bagian lemak ini salah satu yang menyebabkan daging kambing jadi bau.

“Yang pasti jalur potongnya ya, jalur potongnya harus tipis gitu,” ujar Bonar.

Pisahkan daging dan tulang setipis mungkin satu sama lain agar tidak banyak daging bagus yang tersisa menempel pada tulang.

3. Potong dalam keadaan dingin

Terakhir, adalah memotong daging iga dalam keadaan dingin. Menurut Bonar, suhu dingin daging akan sangat membantu mempertahankan tekstur daging saat dipisahkan dari tulang. Tekstur akan tetap rapi.

“Kita potong saat temperaturnya di sekitar 5 – 10 derajat celsius. Temperatur itu membantu tekstur pada saat dipotong lebih mudah dan rapi,” jelas Bonar.

Jika kamu membelinya tidak dalam keadaan dingin atau beku, sebaiknya masukkan dulu daging kambing ke dalam freezer selama beberapa jam hingga cukup dingin untuk dipotong.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Pisahkan Daging Iga Kambing dari Tulangnya"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved