Breaking News:

Tips Dapur Cerdas

Kulit 4 Sayuran Ini Sering Dibuang, Ternyata Banyak Nutrisinya

Kulit sayur yang tidak harus dikupas biasanya mengandung nutrisi yang hampir setara dengan nutrisi daging sayur itu sendiri.

Editor: Royandi Hutasoit
pixabay.com
Ilustrasi Kentang. (pixabay.com) 

TRIBUN-MEDAN.com - Tidak semua sayur harus dikupas kulitnya. Sayur seperti kentang justru disarankan untuk tidak dikupas kulitnya.

Kulit sayur yang tidak harus dikupas biasanya mengandung nutrisi yang hampir setara dengan nutrisi daging sayur itu sendiri.

Meski begitu, pastikan untuk tetap mencuci sayur hingga bersih dari kotoran. Berikut ini empat sayuran yang tidak perlu dikupas sebelum dimasak dan dikonsumsi.

1. Kentang

Beberapa olahan kentang, seperti kentang tumbuk, salad kentang, bahkan lauk kentang rebus atau panggang mengharuskan untuk mengupas kulit kentang sebelum dimasak.

Padahal, kulit kentang diketahui memiliki sejumlah kandungan nutrisi.

Mengutip Women's Health, setidaknya ada 20 persen kandungan nutrisi, seperti vitamin B dan mineral yang terdapat dalam kulit kentang.

Pastikan untuk mencuci kulit kentang hingga bersih sebelum mencampurnya dengan bahan-bahan lain.

2. Terung dan zucchini

Jangan mengupas kulit terung dan zucchini jika kamu menginginkan serat ekstra, flavonoid, dan magnesium dari kedua sayur ini.

Mengutip Reader's Digest, selain nutrisi yang telah disebutkan, kulit terung dan zucchini juga mengandung banyak air.

Baik zucchini maupun terung memiliki konsentrasi air yang tinggi. Zucchini mengandung 95 persen air, sementara terung mengandung 92 persen air.

3. Wortel

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved