Breaking News:

Situs Pendaftaran Siswa Baru Kacau, Orangtua Calon Siswa Ramai-ramai Mendatangi Kantor Disdik Sumut

Hari kedua, Selasa (8/6), PPDB Online Sumut menuai masalah. Calon siswa mendaftar di SMAN 5 Medan malah namanya muncul di SMAN 1 Pantailabu

Editor: Perdata O Ginting S
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Sejumlah orangtua calon peserta didik mengeluhkan sistem pendaftaran PPDB online saat di kantor Dinas Pendidikan Sumut, Medan, Selasa (8/6/2021). Situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Medan diduga error menyebabkan beberapa siswa berubah lokasi, dengan tujuan sekolah yang didaftarkan. 

MEDAN-TRIBUN.com, MEDAN - Memasuki hari kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Sumut, banyak pendaftar atau orangtua calon siswa mengeluhkan situs sistem pendaftaran yang error

Mereka akhirnya mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Sumatera Utara.

Satu di anatara orangtua calon siswa Abraham mengatakan ada kendala pada sistem pendaftaran online. Kendala yang ia alami muncul setelah selesai mengisi data-data di situs PPDB.

Ia mengatakan, ada perbedaan data yang diisi dengan hasilnya.

"Pas proses pengisian data kendalanya tidak ada. Tapi, setelah selsai diisi datanya, saya periksa kembali isinya berubah. Anak saya pilih SMAN 5 Medan. Tapi, setelah semua datanya selesai kami isi, saya lihat pada bukti registrasi nama SMAN 1 Pantailabu yang muncul," ujar Abraham saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Selasa (8/6).

Baca juga: Cara Mengganti Password Yang Salah Pada Pendaftaran PPDB Sumut 2021

Pengamat Pendidikan Sumut Muhammad Rizal Hasibuan menyayangkan kejadian tersebut. Menurutnya, pihak panitia harusnya berkaca pada PPDB tahun lalu.

"Ini hampir setiap tahun terjadi. Kenapa Dinas Pendidikan tidak mengantisipasi itu, padahal kita ketahui bersama ini saatnya pendaftaran daring untuk menghindari kerumunan," ungkap Rizal, kemarin.

Ia menambahkan, Disdik Sumut harus memiliki persiapan matang untuk dapat berkoordinasi dan mengantisipasi server yang down tersebut.

"Harusnya Dinas Pendidikan itu berkoordinasi dan sudah mulai menghitung risiko manajemen yang berkaitan dengan PPDB ini. Sebab, kita ketahui bersama, jika servernya dimasuki  orang banyak tentu ada overload," ujarnya.

Kacaunya server PPDB di Sumut membuat sejumlah orangtua dan siswa mendatangi sekolah yang anak mereka pilih dan Disdik Sumut untuk meminta kejelasan.

Baca juga: Situs PPDB Error, Dinas Pendidikan Sebut Masyarakat Belum Memahami Sistem

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved