Breaking News:

Ubah Kebijakan JR Saragih, Bupati Radiapoh Sinaga Kembalikan RSUD ke Ibu Kota Kabupaten

Pemindahan RSUD Tuan Rondohaim ke Batu Dua Puluh merupakan kebijakan Bupati Simalungun JR Saragih pada akhir tahun 2020 .

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga mengunjungi RS Rondohaim di Batu Dua Puluh, Kecamatan Panombeian Panei, Selasa (8/6/2021). Bupati memutuskan untuk memindahkan RS Rondahaim ke Pamatangraya. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, PAMATANGRAYA - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ingin mengembalikan RSUD Tuan Rondohaim ke ibu kota kabupaten, Pamatangraya.

Langkah ini diambil RHS setelah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Tuan Rondahaim di Batu Dua Puluh, Kecamatan Panombeian Panei.

Ia menyayangkan tidak adanya perawatan dan kebersihan yang layak diberikan oleh jajaran untuk rumah sakit tersebut.

Selanjutnya ia mengeluarkan instruksi agar dilaksanakan inventarisasi (pendataan) seluruh peralatan kesehatan dan sarana lainnya yang ada di RSUD Tuan Rondahaim sebelum kembali dipindah ke Pamatangraya.

“Saya minta untuk dilakukan inventarisasi sarana dan peralatan kesehatan yang ada di RSUD Tuan Rondahaim,” kata Bupati, Rabu (9/6/2021).

Pendataan yang diminta Bupati, dimulai ketika rumah sakit masih berada di gedung lama di Pematang Raya dan setelah dipindahkan ke Batu Dua Puluh. 

“Pendataan harus detail, dari sebelum pindah dan setelah berada di Batu Dua Puluh. Saya ingatkan, jangan ada yang tidak terdata. Yang hilang pun harus dicatat,” kata Bupati.

Radiapoh menyampaikan dengan tegas bahwa RSUD Tuan Rondahaim akan dipindahkan kembali ke tempat semula di Pematang Raya. Menurutnya, ibu kota kabupaten harus punya rumah sakit. Apalagi bangunan rumah sakit yang lama masih kokoh dan layak untuk melayani masyarakat. 

Pemindahan RSUD Tuan Rondohaim ini merupakan kebijakan Bupati Simalungun sebelumnya JR Saragih pada akhir tahun 2020 . Pemkab mengubah status RS Fasilitas Khusus Covid-19 di Batu Dua Puluh, Kecamatan Panombeian Panei, saat itu menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rondohaim Raya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved