Breaking News:

Persiapan Belajar Tatap Muka di Medan, Dinas Pendidikan Minta Sekolah Siapkan Hal Berikut

Dinas Pendidikan Kota Medan turut angkat bicara terkait rencana persiapan sekolah tatap muka di sekolah

TRIBUN MEDAN
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Tebingtinggi mulai menggelar simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka hari ini, di Tebingtinggi, Sumatera Utara, Jumat (9/4/2021).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN--Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Adlan mengatakan saat ini Pemerintah Kota Medan masih menunggu teknis mengenai pelaksanaan sekolah tatap muka pada Juli 2021 ini.

Meskipun begitu, Adlan mengaku pihaknya telah meminta kepada seluruh sekolah tingkat SD, SMP yang berada di bawah naungan Pemko Medan untuk menyiapkan infrastruktur jelang belajar tatap muka.

"Teknisnya kita masih menunggu dari Kemendikbud. Tapi setiap sekolah wajib siapkan infrastruktur seperti tempat cuci tangan dan sarana pendukung lainnya," ujar Adlan, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: BERITA TERKINI Sekolah Tatap Muka, Guru tak Boleh Punya Riwayat Komorbid, Wali Kota Bahas Mekanisme

Adlan menuturkan, untuk pembukaan pendaftaran bagi peserta didik atau PPDB Online di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Medan akan dimulai akhir Juni 2021 mendatang.

"Akhir Juni ini PPDB akan dimulai, kita sedang persiapkan, tidak jauh beda seperti tahun lalu. Pendaftaran dilakukan online melalui aplikasi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kominfo dan Disdukcapil untuk kelancaran pendaftaran online dan data kependudukan peserta didik.

"Sejauh ini persiapan belum ada kendala, jadwal lengkapnya segera kita umumkan," katanya.

Baca juga: Ketua DPRD Sarankan Gubernur Sumut Kumpul Kepala Daerah Terkait Rencana Sekolah Tatap Muka Juni

Sementara untuk target vaksinasi guru menjelang belajar tatap muka, Adlan mengatakan sudah melampaui target.

Di mana Pemerintah Kota Medan menargetkan sedikitnya 70 sampai 75 persen guru wajib sudah divaksinasi sebelum pembelajaran tatap muka dimulai.

"Target kita di awal 70 sampai 75 persen, hari ini sudah sampai 83 persen guru yang sudah divaksinasi," ungkapnya.

Baca juga: Instruksi Jokowi Sekolah Tatap Muka 2 Jam, Bobby Nasution: Kita Bahas, Buka Sekolah Bukan Coba-coba

Dikatakannta, dari total 19.868 guru yang ada di bawah naungan Pemerintah Kota Medan, 16.500 di antaranya sudah divaksin Covid-19.

"Kemarin (Rabu) masih ada vaksinasi massal jadi kemungkinan bertambah. Dan kita terus instruksikan dari masing-masing sekolah di kecamatan untuk mendata guru yang divaksin," tuturnya.(cr14/tribun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved