Breaking News:

News Video

Wali Kota Medan Digugat Soal Alih Fungsi Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya

Redyanto mengatakan, sidang lapangan ini dilakukan langsung oleh Majelis Hakim yang berkeliling melihat kondisi terakhir Lapangan Merdeka Medan.

Wali Kota Medan Digugat Soal Alih Fungsi Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Koalisi Masyarakat Sipil Medan-Sumatera Utara (KMS M-SU) Peduli Lapangan Merdeka Medan menghadiri Sidang Lapangan terkait gugatan Lapangan Merdeka Medan dijadikan Cagar Budaya.

Sidang Lapangan ini digelar dengan melihat langsung kondisi Lapangan Merdeka Medan, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya, warga Medan yang tergabung dalam KMS M-SU Peduli Lapangan Merdeka Medan menggugat Wali Kota Medan atas desakan menjadikan Lapangan Merdeka Medan sebagai cagar budaya.

Gugatan tersebut didaftarkan ke Pengadilan Negeri Medan dengan nomor register 756.Pdt.G/2020/PN.MDN pada 10 November 2021.

"Kita diundang oleh Majelis Hakim untuk menghadiri sidang lapangan pada hari ini," ujar Kuasa Hukum KMS M-SU, Redyanto Sidi di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (10/6/2021).

Redyanto mengatakan, sidang lapangan ini dilakukan langsung oleh Majelis Hakim yang berkeliling melihat kondisi terakhir Lapangan Merdeka Medan.

"Tadi Majelis Hakim berkeliling melihat situasi di Lapangan Merdeka. Nampak bahwa sesuai dengan apa yang kita buat dalam kondisi Lapangan Merdeka saat ini terkepung oleh bangunan-bangunan permanen yang menutupi sehingga mengurangi nilai history menunjukkan lapangan merdeka tidak memiliki nilai history lagi," ujarnya.

Dikatakannya, selain Majelis Hakim, banyak warga sekitar yang juga ikut menyaksikan sidang lapangan dan ikut melihat kondisi Lapangan Merdeka.

"Tadi kita berkeliling penuh lapangan merdeka dan kita bersyukur juga hari ini selain hakim juga melihat kondisi langsung banyak warga yang hadir untuk menyaksikan persidangan lapangan ini yang mungkin tanpa diduga mereka dapat informasi," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: heryanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved