Breaking News:

News Video

Batak Napogos Medan-Deliserdang Sindir Program Tarhilala, Hibahkan Satu Juta Goni ke Bupati Toba

Ketua Yayasan Pemulung Sejahtera dan Peduli Batak Napogos, salah satu inisiator mengatakan, mendukung program "tarhilala" bupati Toba dalam rangka

Batak Napogos Medan-Deliserdang Sindir Program Tarhilala, Hibahkan Satu Juta Goni ke Bupati Toba

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dimulai dari kediamannya di Jalan Batu Tulis, Medan, Bernita Siburian satu diantara pemulung Kota Medan menjajal sudut-sudut kota. Dia mengumpulkan goni-goni untuk dikirimkan melalui Kantor Pos Medan ke Bupati Toba, Jumat (11/6/2021) dalam rangka program "tarhilala".

"Sejak beberapa hari lalu, kita sudah mengumpulkan goni,"ujar Bernita Siburian.

Bernita beralasan, pengiriman itu mereka lakukan untuk menyindir program "Tarhilala" yang jadi slogan pembangunan Toba. Menurut mereka tidak seharusnya Bupati Toba menerima goni dari pihak PT TPL.

Pengiriman goni itu termasuk buntut kekecewaan mereka terhadap Bupati Toba yang justru menerima goni dari PT TPL pada Jumat 7 Mei 2021. Menurut mereka penghibahan goni itu mereka lakukan didorong kesadaran personal sebagai orang Batak peduli Tanah Batak, meski dibawah garis kemiskinan atau "Batak Napogos".

Ketua Yayasan Pemulung Sejahtera dan Peduli Batak Napogos, salah satu inisiator mengatakan, mendukung program "tarhilala" bupati Toba dalam rangka mengumpulkan sampah di seluruh wilayah kabupaten Toba.

Kemudian, menurutnya mendukung kampanye kebersihan dan semangat hidup bersih, harus dimulai dari hulu. Maka seluruh perusak Toba harus dijadikan sampah. 'Karena banyaknya sampah perusak kabupaten Toba, maka dibutuhkan goni yang lebih banyak,"ujar Uba Pasaribu.

"Gerakan Peduli Batak Napogos adalah gerakan peduli terhadap "Bangso Batak" yang hidup marginal. Sebagian anggota Batak Napogos adalah pemulung,"tambahnya lagi.

Menurut Uba, pemulung memiliki kemampuan membuat sebuah kawasan bersih. Sebagai wujud kepedulian Batak Napogos terhadap kabupaten Toba, maka sebagian goni yang dipakai untuk tempat sampah hasil memulung, dikirimkan ke Toba.

"Gerakan 1 Juta Goni 4 Toba adalah gerakan yang dinisiasi putra putri Batak, yang peduli terhadap kabupaten Toba. Keinginan bupati Toba membersihkan seluruh kabupaten Toba dari sampah harus didukung, terutama dari sampah-sampah besar yang merusak, mencemari, bahkan menghancurkan kehidupan di kabupaten Toba,"sebut Uba.

(Jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: heryanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved