Breaking News:

Disperindag Sumut Akan Luncurkan Export Centre, Pengamat Ekonomi:Jangan Hanya Ekspor Bahan Baku Saja

Armin juga menuturkan bahwa ada baiknya Sumut dapat mengirimkan ekspor tak lagi bahan baku/mentah, namun sudah berupa barang olahan

TRIBUN MEDAN/ KARTIKA
Program Export Centre yang digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut sebentar lagi akan dirasakan oleh para calon eksportir Sumut 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Program Export Centre yang digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut sebentar lagi akan dirasakan oleh para calon eksportir Sumut pada Bulan Juli mendatang.

Pengamat Ekonomi, Armin Nasution mengungkapkan bahwa hal ini menjadi terobosan baru.

Ia mengatakan bahwa program ini akan membantu para pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan taraf perekonomian.

"Ini terobosan baik, namun program ini harus dapat melakukan pendampingan dengan menggaet para instansi atau lembaga lain untuk dapat saling berkolaborasi," ungkap Armin, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Sidang Pembunuhan Asiong, Terdakwa Koh Ahwat Dihubungi Korban Soal Utang Rp1 Miliar

Armin menuturkan bahwa untuk dalam waktu dekat terlebih dalam masa pandemi ini, ekspor di Sumut belum dapat bergerak terlalu kencang, lantaran banyak negara-negara tujuan ekspor seperti India ataupun Jepang masih perlu memulihkan perekonomian negara tersebut.

"Tidak mungkin mereka melakukan impor barang dari Indonesia secara besar-besaran sedangkan perekonomian di negara mereka belum stabil," kata Armin.

Dikatakan Armin, Export Centre ini dapat menjadi solusi agar selama masa pemulihan perekonomian ini, para pelaku UMKM didampingi secara maksimal hingga akhirnya pada saat keadaan perekonomian sudah pulih, Sumut siap untuk membentuk para eksportir.

Lanjutnya, Armin juga menuturkan bahwa ada baiknya Sumut dapat mengirimkan ekspor tak lagi bahan baku/mentah, namun sudah berupa barang olahan agar dapat meningkatkan nilai ekonomis ekspor.

"Kedepannya jangan hanya mengirimkan barang mentah/baku saja namun dalam bentuk olahan agar bisa meningkatkan nilai jual ke negara tersebut," tuturnya.

Baca juga: Kabar Terbaru Pasangan Beda Negara, Bule Rupawan Asal Inggris Dinikahi Pria Berkulit Sawo Matang

Saat disinggung mengenai target Disperindag Sumut untuk membentuk 1000 eksportir, Armin menuturkan hal tersebut mungkin saja terjadi tapi secara bertahap dan bertahun-tahun.

"Kalau dalam waktu dekat saya rasa tidak dapat tercapai karena itu perlu untuk pengurusan seperti izinnya dan berkas lainnya.

Namun, jika secara bertahap misalnya tahun ini 250 eksportir dan begitu juga di tahun berikutnya, mungkin akan dapat termaksimalkan," pungkasnya 

(cr13/tribun-medan.com)
 

Penulis: Kartika Sari
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved