Breaking News:

KPU Sumut Tetapkan Jumlah Pemilih Berkelanjutan di Sumut 9.824.747 Orang

Jumlah Pemilih Berkelanjutan di Sumut berjumlah 9.824.747 pemilih atau mengalami kenaikan sebanyak 30.451 pemilih.

FATAH BAGINDA GORBY
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara Herdensi Adnin. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - KPU Sumut melakukan rapat pleno internal secara virtual membahas Daftar Pemilih Berkelanjutan di Sumut, Kamis (10/6/2021).

Dalam rapat itu akhirnya diketahui bahwa jumlah Pemilih Berkelanjutan di Sumut berjumlah 9.824.747 pemilih atau mengalami kenaikan sebanyak 30.451 pemilih.

Sebab dalam rapat koordinasi (rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan I yang berlangsung pada 24 Mei 2021 lalu, jumlah pemilih sebanyak 9.794.296 orang.

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin menyebutkan bahwa kenaikan tersebut terjadi, lantaran jajaran KPU di kabupaten/kota selalu aktif melakukan berbagai terobosan untuk terus mendata pemilih.

"Ke depan kita berharap pergerakan data tersebut dapat bersumber dari masyarakat," kata Herdensi, Jumat (11/6/2021).

Menurut Herdensi, partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan, agar pendataan pemilih tidak bersifat sentralistik, hanya dilakukan KPU.

Anggota KPU Sumut Yulhasni mengatakan, bahwa hasil Daftar Pemilih Berkelanjutan itu akan akan disampaikan oleh KPU ke partai politik, para stakeholder dan masyarakat umum.

"Kita meminta sosialisasi ini dilakukan oleh seluruh KPU kabupaten/kota di Sumut, agar perkembangaan pendataan pemilih di Sumut dapat diketahui masyarakat," sebut Yulhasni.

Untuk itu, dalam waktu dekat KPU Sumut akan meluncurkan aplikasi pendataan pemilih. Aplikasi itu, kata Yulhasni nantinya bisa diisi langsung oleh masyarakat.

"Aplikasi tersebut nantinya bisa diakses oleh masyarakat. Jadi di aplikasi tersebut masyarakat sendiri yang proaktif mencermati data pemilih dan melakukan perubahan data," ujar Yulhasni

Adapun rincian jumlah pemilih yang berjumlah 9.824.747 pemilih, laki-laki sebanyak 4.850.956 orang dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 4.973.791 orang. 

Jumlah itu merupakan data yang dihimpun dari 33 kabupaten/kota se-Sumut. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved