Breaking News:

News Video

Menparekraf Gelar Rapat Koordinasi Bahas Akselerasi Pengembangan DSP Danau Toba

Percepatan pembangunan ini juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kawasan Danau Toba. Sehingga, roda perekonomian

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: heryanto

Menparekraf Gelar Rapat Koordinasi Bahas Akselerasi Pengembangan DSP Danau Toba

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno gelar rapat koordinasi dengan sejumlah pimpinan daerah yang ada di kawasan Danau Toba.

Usai pertemuan, Menteri Sandiaga Uno menjelaskan bahwa tujuan rapat tersebut membicarakan pengembangan Danau Toba dengan konsep pariwisata berkelanjutan termasuk peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam Rapat Koordinasi Akselerasi Pengembangan DSP Danau Toba di Hotel Niagara Parapat pada Kamis (10/6/2021), mengatakan, rapat ini membahas mengenai akselerasi penyiapan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) di kawasan Danau Toba.

"Harapannya kita dapat mengakselerasi eksekusi dari ITMP ini dalam upaya menyiapkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas yang tidak hanya memiliki infrastruktur kelas dunia, tapi juga memiliki SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas," kata Sandiaga.

Percepatan pembangunan ini juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar kawasan Danau Toba. Sehingga, roda perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba dapat bergerak dengan aktif.

Sandiaga menjelaskan, saat ini pihaknya dengan kementerian dan lembaga terkait tengah memfokuskan pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas antar destinasi wisata, penyiapan kelengkapan amenitas, dan atraksi wisata serta penyiapan SDM.

"Ini adalah suatu rencana besar yang sangat luas dan ini adalah perpaduan dari pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Selain itu, lanjut Sandiaga, kawasan Danau Toba nantinya akan dikembangkan dengan mengedepankan konsep pariwisata berkelanjutan yang ramah lingkungan berbasis alam dan budaya.

"Ini sesuai dengan langkah agar pariwisata kita juga memiliki dampak yang positif terhadap pembangunan yang berkelanjutan," ungkap Sandiaga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved