Breaking News:

News Video

23 Preman Gabion dan Tol Belawan Digulung Aparat Kepolisian Resort Belawan

23 orang yang tak punya skil selain menjadi preman jalanan dibekuk aparat Kepolisian Resort Belawan.

Penulis: Dedy Kurniawan | Editor: Bobby Silalahi

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 23 orang yang tak punya skil selain menjadi preman jalanan dibekuk aparat Kepolisian Resort Belawan.

Mereka selama ini sangat beringas memalak uang pengendara truk dan sopir angkutan di sekitar kawasan Pelabuhan Perikanan Gabion, di Jalan Tol Belawan dan di bebarapa lokasi persimpangan di wilayah hukum Polres Belawan.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP M R Dayan mengatakan, genderang perang terhadap premanisme sebagai respon instruksi dari Kapolri kepada Kapolda Sumut. Instruksi ini menjadi atensi langsung oleh Kapolres jajaran Polda Sumut.

"Penindakan premanisme dan pungli atensi Kapolri. Berdasarkan intruksi Kapolri, kami langsung mengerahkan Satreskrim dan Polsek jajaran untuk memberantas premanisme di wilayah Polres Pelabuhan Belawan," kata ungkap AKBP M R Dayan, Sabtu malam (12/6/2021).

Kapolres Belawan mengatakan, selama kurun dua hari, sudah 23 preman dibekuk di jalanan.

Sebagian besar penindakan mereka yang ditangkap kerap melakukan pungli dan meresahkan sopir yang akan melintas ke objek vital Pelabuhan Belawan.

"Dari 23 pelaku yang dibekuk ada barang bukti uang tunai sebesar Rp 431.000, senjata tajam serta stempel kuitansi penerimaan uang hasil pungli ," jelas AKBP M R Dayan didampingi Kasat Reskrim, AKP I Kadek Hery Cahyadi.

23 pelaku yang diamankan akan diproses untuk menjalani penyidikan.

Saat ini semua sedang diperiksa di Mapolres Belawan,sebagian ada yang diperiksa di jajaran polsek-polsek.

Masyarakat yang menjadi korban pemalakan premanisme diimbau ikut pro dan aktif segera melaporkan ke Polsek atau Polres Pelabuhan Belawan. Keluhan warga ini akan langsung direspon cepat oleh aparat kepolisian.

"Kalau ada preman dan pelaku pungli segera lapor ke kami. Kamu terus tingkatkan penindakan bagi para pelaku premanisme. Pemberantasan pelaku yang meresahkan masyarakat terus kita lakukan di lapangan. Kami minta masyarakat pro dan aktif melaporkan," pungkasnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved