Breaking News:

Sepuluh Ventura Rintisan Mahasiswa Politeknik WBI Dapat Pendanaan PWMV 2021 Kemendikbudristek

Program ini diharapkan akan mampu mendorong perkembangan wirusahawan baru untuk tujuan kemandirian bangsa

Editor: Ismail
Ho
Ventura Rintisan Mahasiswa Politeknik WBI berhasil mendapatkan pendanaan PWMV 2021 dari Kemendikbudristek 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui terobosan Merdeka Belajar terus berupaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan memiliki daya saing, yang diantaranya adalah melalui upaya peningkatan pola pikir dan keahlian untuk menjadi wirausaha. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi KEMENDIKBUDRISTEK juga turut mendorong munculnya wirausahawan yang berasal dari mahasiswa pada Perguruan Tinggi Penyelenggaran Pendidikan Tinggi Vokasi melalui penyelenggaraan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) Tahun 2021. 

Program ini diharapkan akan mampu mendorong perkembangan wirusahawan baru untuk tujuan kemandirian bangsa dan kemudian menghasilkan berbagai karya inovatif dan keatif yang menghasilkan solusi atas permasaahan yang hadir di masyarakat dan yang ditransformasikan menjadi suatu kesempatan bisnis.

Politeknik WBI merupakan kampus vokasi yang dikenal dengan pengembangan pendidikan dan kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship) pertama dan eksklusif di Sumatera Utara.

Politeknik WBI memiliki kurikulum pembelajaran yang eksklusif dan khusus terkait dengan pengembangan kewirausahaan sebagai visi yang akan mereka gapai.

Pendidikan dan pengembangan kemampuan kewirausahaan ini kemudian menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang kreafit, adaptif, mandiri dan memberi solusi. Mahasiswa Politeknik WBI kemudian terlibat dalam pengembangan bisnis yang profitable dan scalable.

Pada program PWMV 2021, Politeknik WBI ikut serta dengan mengirimkan sebanyak 38 usulan proposal ventura bisnis mahasiswa yang sudah dijalankan ataupun yang masih merupakan ide bisnis. 

Setelah melalui penilaian dan pengujian di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, proposal-proposal tersebut dinyatakan didanai untuk 10 proposal ventura bisnis: eStudio Chingu, Racun.BukuU, Pumpkin Cookies, AFDS Product, M&A_INNOVATION, JETAN, Eleplant, Narve, I-Can, Garden Arts dengan total pendanaan sebesar Rp. 111.2350.000,-.  

Politeknik WBI kemudian menjadi satu dari 53 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan tinggi vokasi yang terpilih dari seluruh Indonesia.

Politeknik WBI juga menjadi satu dari sedikit perguruan tinggi swasta yang terpilih dan, satu-satunya Politeknik Swasta yang berasal dari Sumatera Utara.

Direktur Politeknik WBI Dr. Ir. Jenny Elisabeth, MS menyampaikan selamat kepada mahasiswa/i yang ventura bisnisnya mendapatkan pendanaan dan berharap mahasiswa menggunakan dana yang diberikan sebagai dorongan untuk mengembangkan skala bisnis mereka.  Bukan hanya itu, pencapaian ini diharapkan juga dapat semakin mengembangkan model bisnis yang dapat memberi dampak bagi masyarakat, yang nantinya berkembang lebih besar lagi dan menjadi pembuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Program PWMV ini akan didampingi oleh Dosen-dosen di Politeknik WBI yang sudah memiliki kemampuan ilmiah dalam memberi fasilitasi pengembangan bisnis dan juga didampingi oleh para praktisi dan wirausahawan lokal dan alumni yang sudah berhasil dalam memulai bisnis untuk memberikan saran dan masukan yang membangun untuk pengembangan yang lebih baik. Selamat kepada mahasiswa/i Politeknik WBI, dan sukses dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved