Breaking News:

Dinkes Karo Kerahkan 60 Orang Vaksinator Pada Vaksinasi Massal, Fokuskan Lansia dan Guru

Pada vaksinasi tahap awal ini, difokuskan diberikan kepada kelompok masyarakat Lanjut Usia (Lansia) dan sebagian guru yang belum divaksinasi.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ NASRUL
Forkopimda Karo menyaksikan masyarakat yang menjalani vaksinasi massal, di Stadion Samura, Jalan Stadion, Kabanjahe, Rabu (16/6/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Sebanyak kurang lebih 1000 orang masyarakat Kabupaten Karo, menjalani vaksinasi massal, di Stadion Samura, Jalan Stadion, Kabanjahe, Rabu (16/6/2021).

Pada vaksinasi tahap awal ini, difokuskan diberikan kepada kelompok masyarakat Lanjut Usia (Lansia) dan sebagian guru yang belum divaksinasi.

Untuk menyukseskan vaksinasi massal ini, diketahui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo mengerahkan sebanyak 60 orang vaksinator.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes, seluruh tenaga kesehatan ini berasal dari tiga instansi.

"Ini jumlah vaksinatornya sebanyak 60 orang,  sebagian dari Dinas Kesehatan, ada tenaga kesehatan dari Polres, dan tenaga kesehatan dari Kodim," ujar Irna.

Irna menjelaskan, untuk mempermudah proses vaksinasi pihaknya membagi tugas dari para vaksinator di enam pos.

Baca juga: PREDIKSI Denmark vs Belgia, Tonton Siaran Langsung Link Live Piala Dunia

Dirinya mengatakan, setiap posnya diisi oleh 10 orang vaksinator, mulai dari bagian pengisian administrasi, pengecekan kesehatan, hingga penyuntikan vaksin.

"Iya kita bagi enam pos, jadi vaksinasinya bisa lebih teratur," ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, dari enam pos ini setiap posnya dapat melayani sebanyak 100 hingga 150 orang. Dengan pembagian ini, diharapkan proses vaksinasi bisa dilakukan dengan maksimal.

Ketika ditanya seperti apa proses pelaksanaan vaksinasi mulai dari pemberian dosis pertama hingga kedua, Irna mengaku prosesnya sama saja dengan vaksin biasa.

Baca juga: Pemasok Senjata ke KKB Papua, Terungkap Aliran Dana dari Oknum Ketua DPR dan Pemkab

Dirinya mengatakan, nantinya masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama ini, akan kembali menerima dosis kedua dengan tenggang waktu selama 28 hari ke depan.

"Sama saja, nanti yang sudah menerima vaksin hari ini akan mendapat dosis kedua di 28 hari ke depan. Prosesnya juga sama, nanti akan kita lakukan secara massal lagi," ungkapnya.

Pada vaksinasi ini terlihat dihadiri lansung oleh Bupati Karo Cory br Sebayang, Wakapolres Tanah Karo Kompol Aron Siahaan, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko, Kajari Karo Fajar Syahputra, dan beberapa orang kepala dinas. Selain memantau, Cory dan lainnya sempat terlihat berbincang dengan masyarakat yang akan menjalani vaksinasi.

(cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved