Breaking News:

Ganti Rugi Lahan Proyek Bendungan Lau Simeme 60 Persen Tuntas, Ijeck: Tinggal Aksinya Saja

Pada awal dimulainya proyek, Ijeck mengaku ada permasalahan lahan dengan warga setempat yang memiliki lahan pertanian di lokasi tersebut.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN
Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah meninjau pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (16/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Almazmur Siahaan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah mengaku mendapatkan laporan bahwa permasalahan lahan Bendungan Lau Simeme 60 persen sudah diselesaikan.

"Sekarang ini yang kita lihat masalah yang dihadapi dari proyek adalah masalah lahan. Dari lahan ini kalau memang sudah bisa clear and clean, segera bisa lebih cepat lagi dan sekarang laporannya sudah 60 persen penyelesaian lahan," ujar Musa, Rabu (16/6/2021).

Pada awal dimulainya proyek, ia mengaku ada permasalahan lahan dengan warga setempat yang memiliki lahan pertanian di lokasi tersebut.

"Pada awal mulainya proyek, untuk masalah lahan karena memang lahan ini ada ladang-ladang masyarakat. Tapi sekarang sudah selesai, tinggal aksinya saja dan sekarang ini sudah mencapai 60 persen. Mudah-mudahan ini tidak ada masalah lagi ke depan," kata Wagub Sumut yang kerap disapa Ijeck.

Ada lima desa yang terdampak dalam pembangunan Bendungan Lau Simeme ini, yaitu Desa Mardinding Julu, Desa Penen, Desa Rumah Gerat, Desa Sipiria-ria, dan Desa Kuala Dekah dengan 250 keluarga yang berada dalam wilayah proyek bendungan Lau Simeme.

Wilayah pembangunan Bendungan Lau Simeme merupakan kawasan hutan atau hutan produksi, tetapi warga sudah tinggal di sana sejak lama.

Saat ini, proses ganti rugi terhadap lahan warga setempat sebagian besar sudah diselesaikan.

Ijeck pun mengaku, ppemerintah provinsi sudah mengurus lahan-lahan lainnya yang berkaitan dengan negara.

"Yang mana lahan-lahan yang kaitannya dengan negara juga sudah kita selesaikan semuanya secara administrasi," ujar Ijeck. (cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved