Breaking News:

TRIBUNWIKI

3 Tips Rawat Kambing Etawa, Peternak Ini Bagi Resep Hasilkan Susu Tanpa Bau Amis

Beragam olahan dari kambing etawa mulai dari daging, susu hasil pemerahan yang ternyata banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ KARTIKA
Peternak saat memerah susu kambing etawa di kandang miliknya. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kambing Etawa menjadi hewan ternak yang cukup menjanjikan sebagai ladang usaha di Indonesia. 

Beragam olahan dari kambing etawa mulai dari daging, susu hasil pemerahan yang ternyata banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, diperlukan perawatan yang cukup serius dan telaten. Hal ini yang sudah dilakukan oleh Wawan, peternak Kambing Etawa asal Deliserdang. 

Kali ini, Wawan akan berbagi tips merawat Kambing Etawa agar dapat menghasilkan susu yang melimpah dan tidak berbau amis.

Baca juga: Terpapar Covid-19, Bunga Citra Lestari Dituding Drama, Jerinx: Malah Bangga Dicovidkan

1. Pemilihan Jenis Makanan

Rumput biasanya menjadi makanan pokok untuk kambing. Namun ternyata, Wawan mengungkapkan bahwa menggunakan 100 persen rumput sebagai pakan sehari-hari menjadi faktor susu kambing menjadi amis.

"Kalau makanan kambing etawa itu kalau 100 persen rumput atau daun ubi pasti akan menghasilkan susu yang berbau amis. Jadi kita ada pakan tambahan dengan rumput hanya 20 persen dan 80 persen untuk ampas tahu," ungkap Wawan. 

Dikatakan Wawan, penggunaan pola makan seperti ini akan mengurangi amis, bahkan tak terasa sama sekali layaknya susu bear brand.

"Banyak juga yang gak mau minum susu karena amis itu, nah cara pola makan ini dijamin gak akan timbul rasa amis," ucapnya. 

Selain itu, jika ada susu yang berlebih, Wawan juga akan mengolahnya menjadi masker kefir yang biasa digunakan untuk membuat wajah glowing. 

Baca juga: Cristiano Ronaldo Hampir Tak Lolos Pemeriksaan, Tak Dikenali Petugas Keamanan Euro 2020

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved