Breaking News:

Cicit Sisingamangaraja, Raja Julio Sinambela Ungkap Kegembiraannya Kepada Orang yang Hormati Leluhur

Dirinya mendukung kegiatan masyarakat sebagai penghormatan kepada pahlawan nasional yang lahir dari Tanah Batak tersebut.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ MAURITS PARDOSI
Cicit Raja Sisingamangaraja XII Raja Julio Sinambela saat berada di areal Makam Raja Sisingamangaraja XII pada Kamis (17/6/2021).  

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Sebagai generasi ke-15 dari Raja Sisingamangaraja atau cicit Raja Sisingamangaraja XII, Raja Julio Sinambela mengungkapkan kegembiraannya atas penghormatan yang diberikan okeh masyarakat kepada Raja Sisingamangaraja XII.

Dirinya mendukung kegiatan masyarakat sebagai penghormatan kepada pahlawan nasional yang lahir dari Tanah Batak tersebut.

"Kalau untuk pihak-pihak lain, baik organisasi, komunitas, segala macam kegiatan yang baik untuk memperingati wafatnya Oppung Sisingamangaraja, kita akan dukung. Selalu kita dukung," ujar Raja Julio Sinambela pada Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Hakim Tolak Penetapan Ahwat Sebagai Tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang, Ini Alasannya

Terlihat di areal makam Raja Sisingamangaraja XII, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Organisasi Golongan Siraja Batak Parbaringin Malim Marsada merayakan ritual adat Batak.

Terkait ini, Raja Julio Sinambela mengatakan secara tegas bahwa Raja Sisingamangaraja XII adalah milik nasional. Dari keluarga besar Raja Sisingamangaraja XII, pihaknya mendukung setiap kegiatan masyarakat untuk menghormati dan menghargai perjuangan pahlawan nasional tersebut di medan juang.

"Sosok Sisingamangaraja ini udah milik nasional. Jadi siapapun yang mendukung dengan acara untuk Raja Sisingamangaraja XII, kita akan mendukung," sambungnya.

Sehingga, ia sebagai keturunan Raja Sisingamangaraja XII tetap berziarah ke makam Raja Sisingamangaraja XII setiap memperingati hari gugurnya pahlawan nasional tersebut.

"Saya Raja Julio Sinambela, generasi ke-15 dari Sisingamangaraja. Kebetulan dari pihak keluarga, kita biasanya mengagendakan itu ziarah seperti biasanya," ujar Raja Julio Sinambela.

"Kita ziarah ke tempat oppung kita ini. Kalau tidak sempat, kita ziarah di rumah melalui ritual-ritual tertentu," sambungnya.

Baca juga: Jelang Pembelajaran Tatap Muka, DPRD Medan Minta Satgas Standby Minimal 1 Orang Per Sekolah

Di depan makam Raja Sisingamangaraja XII, terlihat asap kemenyan yang dibakar dan masyarakat yang menggunakan pakaian adat Batak Toba yang dilengkapi dengan simbol-simbol dalam budaya Batak Toba.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved