Breaking News:

TMMD Deli Serdang ke-111 Resmi Dibuka, TNI Siap Membangun Desa

Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 TA. 2021 KODIM 0204 Deli Serdang

Editor: Ismail
Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan saat menghadiri acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 TA. 2021 KODIM 0204 Deli Serdang, yang bertema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" bertempat di aula Cendana Lt 2 Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (15/6). 

TRIBUNMEDAN.ID, LUBUKPAKAM - Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 TA. 2021 KODIM 0204 Deli Serdang, yang bertema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" bertempat di aula Cendana Lt 2 Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (15/6).

Hadir pada acara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke 111 TA. 2021 KODIM 0204 Deli Serdang, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deli Serdang H. M Ali Yusuf Siregar, Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugraha SE MSI, Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, Kajari Deli Serdang Jabal Nur SH MH, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos, serta para pimpinan OPD .

Pada sambutannya Bupati H Ashari Tambunan mengatakan kegiatan TMMD adalah program yang nilai-nilai mengedepankan keterpaduan kepedulian antara TNI dan pemerintah daerah untuk mendorong serta meningkatkan pembangunan dan ekonomi khususnya yang ada di desa-desa apalagi saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang sama kita ketahui akibat Pandemi perekonomian terganggu dan mengalami keterpurukan sehingga kita harus lebih bergotong-royong saling bahu-membahu untuk mengatasi dampak pandemi ini.

"Program TMMD juga merupakan wadah dalam mempererat kemanunggalan antara TNI dengan rakyat demi terciptanya rasa persatuan dan kesatuan yang semakin kokoh apalagi kita tahu TNI adalah aparat yang dekat dengan rakyat oleh karenanya mari kita ciptakan keharmonisan kebersamaan dan kerjasama dalam melaksanakan program pembangunan ini sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan," ucapnya.

H Ashari Tambunan juga menjelaskan Program TMMD ini terbagi dalam kegiatan fisik dan nonfisik kegiatan fisik yakni pembangunan jalan dan bangunan, sedangkan non fisik meliputi pembangunan manusia berupa penyuluhan dan sosialisasi di desa-desa Kecamatan Bangun Purba, khususnya pada Desa Mabar yang merupakan lokasi khusus dari kegiatan ini, saya mengajak kepada kita semua untuk mendukung penuh dan turut serta berkontribusi dalam kegiatan ini.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada  Dandim 0204 Deli Serdang sebagai penggagas dari kegiatan TMMD dan juga pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara yang ikut berkontribusi dalam kegiatan ini karena ini adalah suatu kegiatan kebanggaan bagi kabupaten Deli Serdang karena terpilih kembali pelaksanaan program ini.

“Kepada para Kepala Desa se-Kecamatan Bangun Purba terkhusus kepada Kepala Desa Mabar agar dapat memanfaatkan dan merawat apa yang telah dikerjakan dengan sebaik baiknya. Kiranya dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga visi dan misi deli serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat segera kita wujudkan”, kata H Ashari Tambunan.

Hal senada juga dikatakan Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Asep Nugraha, S.E.,M.Si kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa merupakan  salah satu bhakti TNI  yang dilaksanakan secara terpadu  dan  lintas sektoral bersama Kementerian, Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan Pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. 

Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun dan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya kita bersama dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah,ucap Danrem.

Disamping itu, TMMD juga merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program Pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai  infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

“Kita tentunya berharap agar desa-desa di wilayah ini semakin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan  kearifan  lokalnya. Desanya maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya komplit, SDM-nya makin berkualitas unggul,   mandiri, punya spiritualitas tinggi, tidak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat. inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama,” ucapnya.

Untuk itu, melalui TMMD ke 111 yang akan dimulai dari tanggal 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021 ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral, seperti pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di daerah ini, sekaligus menyisipkan menyisipkan program-program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme untuk membentengi diri masyarakat  dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi dan informasi yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

“Kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD ini, saya berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan ini, agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Pada acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan serta penyerahan berita acara TMMD KE-111 KODIM 0204/Deli Serdang di wilayah Kab. Deli Serdang disaksikan oleh  Komandan KOREM 022/Pantai Timur, penyerahan secara simbolis dari PMD Prov SUMUT kepada Bumdes Bangun Purba M Agung Sasmita berupa handtraktor, kereta sorong, cangkul, mesin babat oleh Kepala seksi pembangunan sarana dan prasarana kawasan pedesaan Dinas PMD Prov. Sumut, Dra. Syafrida.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved