Breaking News:

11 Lelang Jabatan Eselon II jelang Akhir Jabatan Wali Kota Siantar Dipertanyakan, Ini Statemen ILAJ

Fawer menyebut, pelaksanaan lelang di akhir masa jabatan Wali Kota Pematangsiantar bakal memberikan kesan ada kepentingan tertentu yang sedang dijaga.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/Alija
Balai Kota Pematansiantar. (Tribun-medan.com/Alija) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Sejumlah pihak mempertanyakan maksud dan tujuan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menggelar seleksi terbuka untuk jabatan 11 kepala dinas di lingkungan pemerintah kota. Sebab akhir masa Jabatan Hefriansyah sebagai wali kota kian dekat.

Salah satu pertanyaan itu datang dari Direktur Institute Law of Justice (ILAJ), Fawer FF Sihite.

Fawer Sihite mempertanyakan, mengapa lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) eselon II di lingkungan Pemko Pematangsiantar dilakukan.

Fawer menyebut, pelaksanaan lelang di akhir masa jabatan Wali Kota Pematangsiantar bakal memberikan kesan ada kepentingan tertentu yang sedang dijaga.

"Kenapa baru sekarang wali kota melakukan lelang jabatan, seharusnya dilakukan jauh hari sebelumnya, sehingga wajar dipertanyakan ada kepentingan apa lelang JPTP di lingkungan Pemko Pematangsiantar, dilakukan jelang masa bhakti walikota Hefriansyah berakhir," ujar Fawer.

Padahal katanya, berdasarkan informasi yang diperoleh, surat dari Kemendagri terkait permintaan kepada Gubernu Sumatera Utara untuk memberhentikan jabatan walikota Pematangsiantar dan memproses pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota hasil Pilkada 2020 sudah keluar.

Indikasi adanya kepentingan kata Fawer semakin kuat, karena masa proses lelang jabatan yang dilakukan tidak sampai 1 bulan dan terkesan terburu-buru, karena pendaftaran dibuka tanggal 16 Juni 2021 dan penetapan hasil seleksi tanggal 7 Juli 2021.

"Terkesan dilakukan terburu-buru, padahal jabatan yang dilelang sudah lama lowong," sebut Sihite.

Dia berharap DPRD Pematangsiantar, mengawasi ketat pelaksanaan lelang JPTP sehingga tidak bernuansa kepentingan pihak tertentu dan sarat KKN.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved