Breaking News:

BTN Medan Salurkan Rp50,2 Miliar Untuk KPR, Catat 296 Debitur Baru per Mei 2021

Penyaluran kredit ini meliputi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kota Binjai, dan Kabupaten Langkat. 

Penulis: Kartika Sari | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN
Warga melintas di depan rumahnya, di Perumahan KPR-BTN bersubsidi Griya Sirsak Sei Mencirim Jalan Salomo Ginting, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (25/2/2020). Bank Tabungan Negara (BTN) menggenjot produk layanan bank untuk mendukung pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan meningkatkan layanan transaksi digital.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penyaluran realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mengalami pertumbuhan secara perlahan. 

Berdasarkan catatan dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang (KC) Medan bahwa realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) per Mei 2021 sebesar Rp50,2 miliar. 

Penyaluran kredit ini meliputi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kota Binjai, dan Kabupaten Langkat. 

Branch Manager BTN KC Medan Hari Purnomo mengungkapkan bahwa pertumbuhan terjadi 3,7 persen atau Rp1,8 miliar dibanding April 2021.

“Pertumbuhan realiasasi kredit untuk April di KC Medan sebesar Rp 48,4 miliar sedangkan Mei membukukan sebesar Rp 50,2 M atau ada pertumbuhan sebesar Rp 1,8 miliar," ungkap Hari,Jumat (18/6/2021). 

BTN Medan mencatat, debitur KPR baru per Mei 2021 tercatat sebanyak 296 debitur. Dengan demikian, total debitur KPR di KC ini adalah 1.396 debitur. 

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, Hari menjelaskan kenaikan penyaluran KPR belum signifikan.

“Berdasarkan kinerja realisasi apple to apple dari tahun lalu mengalami kenaikan pertumbuhan kredit, namun kenaikannya belum signifikan," ujar Hari. 

Adapun, dari seluruh program KPR BTN KC Medan, program kredit yang paling banyak debiturnya adalah Kredit Subsidi, yakni menyumbang 95 persen dari total kredit KPR di BTN KC Medan pada jumlah unit realisasi tahun 2021. 

Tahun ini, BTN KC Medan menargetkan penyaluran KPR sebesar Rp 537 miliar. Kata Hari, pihaknya optimistis kinerja sektor properti meningkat tahun ini dan akan memengaruhi pengajuan KPR. Hal ini sehubungan dengan peran sektor properti sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia. (cr13/tribun-medan.com)
 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved