Breaking News:

Arti dan Lirik Lagu Karo Erkata Pet-pet Yang Bawa Femila Lolos di Indonesian Idol

Pet-pet atau dalam bahasa Indonesia disebut tonggeret, adalah hewan kecil yang berbunyi nyaring saat pergantian sore menjelang malam hari.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Ayu Prasandi
HO
Pet-pet atau dalam bahasa Indonesia disebut tonggeret 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Lagu erkata Pet-Pet buah karya komponis Nasional asal Karo Djaga Depari, yang membawa Femila Sinukaban lolos di ajang Indonesia Idol bukanlah sembarang lagu.

Lagu yang diciptakan pertengan tahun 1950-an itu, ternyata memiliki arti yang menyayat hati. 

Pet-pet atau dalam bahasa Indonesia disebut tonggeret, adalah hewan kecil yang berbunyi nyaring saat pergantian sore menjelang malam hari.

Pemilihan hewan Pet-pet dalam lagu Djaga Depari pun bukan sembarangan. Hewan satu ini sangat erat dengan kehidupan masyarakat Karo jaman dahulu.

Bagi masyarakat Karo Pet-pet menjadi penanda waktu, sebab ketika petpet sudah bersuara, maka warga desa yang tengah bekerja di ladang/sawah akan bersiap pulang ke rumah, karena hari segera malam.

Baca juga: LBH Medan Kecam Pelaku Pembunuhan Wartawan di Simalungun

Selain sebagai penanda waktu, Pet-pet juga dipercayai sebagai penanda kematian atau hal buruk.

Masyarakat Karo zaman dahulu percaya, ketika pet-pet bersuara pada malam hari secara berkelompok, bukanlah pertanda baik.

Masyarakat Karo menganggap bila petpet bersuara pada malam hari,  menandakan akan ada kematian. 

Artinya ketika petpet sudah bersuara pada malam hari yang umumnya tepat ditengah malam, maka salah satu warga desa dipastikan akan meninggal dalam waktu dekat.

Sementara itu, ada pula anggapan yang beredar bahwa jika pet-pet tiba-tiba hinggap di rumah dan berbunyi nyaring, maka sesuatu yang buruk mungkin saja menimpa orang yang ada di rumah tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved