Imigrasi Medan Layani 52 Penghuni Perumahan Setia Budi Indah Untuk Urus Paspor

Ia menambahkan bahwa hal ini turut dilakukan kegiatan penyebaran informasi keimigrasian kepada masyarakat yang hadir juga. 

Penulis: Yufis Nianis Nduru | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ YUFIS
Suasana program pelayanan Eazy Passport bagi penghuni perumahan Setia Budi Indah, Sabtu (19/6/2021).  

TRIBUN-MEDAN. com, MEDAN-Imigrasi Medan kembali lakukan program pelayanan paspor secara kolektif yang diberinama Eazy Passport dengan 52 penghuni perumahan Setia Budi Indah. 

Hal ini disampaikan Tato J Hidayawan selaku Kepala Imigrasi (Kakanim) Klas I Medan

Dalam hal ini, Tato menuturkan rincian pelayanan yang dilakukan di tempat ini yakni pelayanan paspor baru baik paspor elektronik dan non elektronik, dan penggantian paspor rusak dan hilang; 

Baca juga: Puluhan Bangunan Liar di Jalan Ampera Raya Dirobohkan, Warga: Lahan Sedikit Pun Dipakailah

Dengan rincian delapan permohonan paspor baru, 43 permohonan penggantian, 39 permohonan elektronik passport, dan 12 permohonan non elektronik. 

"Pelayanan ini mulai pagi dengan jumlah pemohon yang mendaftar berjumlah 52 orang yang merupakan warga penghuni perumahan Setia Budi Indah.

Pemohon tersebut di atas dilayani dengan menggunakan jadwal kedatangan yang telah diatur agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan pemohon," kata Tato, Sabtu (19/6/2021). 

Ia menambahkan bahwa hal ini turut dilakukan kegiatan penyebaran informasi keimigrasian kepada masyarakat yang hadir juga. 

"Selama kegiatan berlangsung seluruh warga dan petugas mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke tempat kegiatan, serta ada petugas security perumahan yang melaksanakan pengukuran suhu," ujarnya. 

Selanjutnya Tato menjelaskan melalui program ini pemohon bisa mengajukan permohonan paspor tanpa perlu ke kantor imigrasi karena petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan, seperti yang dilakukan hari ini. 

Baca juga: SOSOK Nisya Marpaung, Duta Bahasa Sosial Media, Gemar Edukasi Penggunaan Bahasa dan Pendidikan Sex

"Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan.

Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia," kata Tato. 

Sementara itu program pelayanan Eazy Passport ini juga menyasar komunitas besar seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi dengan syarat minimal pemohon sebanyak 50 orang. 

(cr20/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved