Breaking News:

Dampak PPKM Mikro

Terimbas Aturan PPKM Mikro, Agen Travel di Sumut Hanya Mampu Dongkrak Pemesanan 10 Persen

Sejumlah agen travel merasakan dampak yang luar biasa terkait aturan PPKM Mikro yang diterapkan oleh pemerintah di masa pandemi Covid-19

Penulis: Kartika Sari | Editor: Array A Argus
HO
Polisi datangi PT Executive Tiomaz Tranz, Jalan Sisingamangaraja, Medan Amplas mengimbau agar perusahaan tidak beroperasi mengangkut penumpang mudik beberapa hari lalu.(HO) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN-Penerapan dan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga 28 Juni di Kota Medan turut berpengaruh untuk sektor biro travel di Sumut.

"Kebijakan ini sangat berdampak, apalagi waktu lebaran sampai sekarang agak ketat juga. Terlebih travel lokal ini hanya mengandalkan tour lokal dari rombongan seperti ibu pengajian ataupun arisan, karena penerbangan ke luar juga belum masuk," ungkap Wakil Bendahara Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASSPI) Sumut, Dina, Minggu (20/6/2021).

Dina yang juga pemilik Savana Tour and Travel ini mengatakan, bahwa sejak pemberlakukan PPKM Mikro saat lebaran, pihak travel juga harus mencari alternatif untuk mengalihkan daerah terdekat yang tidak mengalami penutupan sementara.

Baca juga: Pengusaha Butuh Solusi Soal Penerapan Aturan PPKM Mikro yang Diterapkan Pemerintah

"Kalau saat ini perjalanan lokal pada takut karena ada pemeriksaan, dan Destinasi wisata juga pada ditutup seperti di Samosir kemarin,"

"Jadi misalnya kita buat rute ke arah Samosir Perapat, kita alihkan ke arah daerah Brastagi," ujarnya.

Selain pengalihan rute, Savana Travel sempat mengalami 15 pembatalan dari pemesanan paket tour lantaran pemberlakuan PPKM Mikro ini.

"Dari awal sebelum peraturan sudah banyak yang booking, para keluarga udah rencana mau liburan,"

"Sangat terasanya itu hotel dan transportasi seperti penyewaan bus itu rata-rata pada cancel semua karena tidak ada yang berani pergi takut disuruh balik,"

"Jadi itu refund uang semua karena kan rata-rata mereka beri deposit," 

"Belum pernah kejadian saat lebaran itu armada transportasi kita tidak jalan. Nah, baru ini lah kejadian armada menganggur secara total," lanjutnya.

Baca juga: Pemko Medan Kembali Menertibkan Cafe yang Melanggar PPKM Mikro

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved