Breaking News:

TERNYATA Adelin Lies Sudah Pakai Paspor AN Hendro Leonardi sejak 2008, Kenapa Imigrasi Kebobolan?

Adelin Lis mengganti identitasnya menjadi Hendro Leonardi tidak lama setelah divonis bebas Pengadilan Negeri Medan dalam kasus illegal logging.

Editor: Tariden Turnip
layar tangkap kompas tv
TERNYATA Adelin Lies Sudah Pakai Paspor AN Hendro Leonardi sejak 2008, Kenapa Imigrasi Kebobolan? Terpidana illegal logging Adelin Lis tiba di Jakarta dengan mengenakan pakaian tahanan dan tangan diborgol 

TRIBUN-MEDAN.COM - TERUNGKAP fakta baru soal paspor buronan Kejaksaan Agung Adelin Lis ( Adelin Lies ) alias Hendro Leonardi yang berhasil ditangkap Imigrasi Singapura dan akhirnya dideportasi ke Indonesia.

Ternyata sejak 2008, Adelin Lis ( Adelin Lies ) sudah punya paspor baru dengan nama Hendro Leonardi yang diterbitkan Jakarta Utara.

Bahkan berdasarkan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Imigrasi, paspor Hendro Leonardi tiga kali diterbitkan di sejumlah tempat.

Yakni diterbitkan di Jakarta Utara pada tahun 2008 dan 2013 serta diterbitkan di Jakarta Selatan pada 2017.

Artinya Adelin Lis mengganti identitasnya menjadi Hendro Leonardi tidak lama setelah divonis bebas Pengadilan Negeri Medan dalam kasus pembalakan liar hutan di Mandailing Natal ( Madina ), 7 November 2007.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com menjelaskan Ditjen Imigrasi diketahui baru menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) pada tahun 2009.

Kronologi Pemulangan Buronan Kakap Adelin Lis dari Singapura
Kronologi Pemulangan Buronan Kakap Adelin Lis dari Singapura (ist via tribunmanado)

Sebelum tahun 2009, data pemohon paspor hanya tersimpan secara manual di server kantor imigrasi setempat dan tidak terekam di Pusat Data Keimigrasian.

"Hal ini menyebabkan Adelin Lis dapat mengajukan paspor pada tahun 2008 dengan menggunakan identitas Hendro Leonardi dan tidak terdeteksi," kata Arya Pradhana Anggakara dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

Menurutnya Adelin Lis saat itu memenuhi seluruh persyaratan permohonan paspor dan mekanisme penerbitan paspor telah melalui ketentuan yang berlaku yaitu penyerahan berkas persyaratan, pemeriksaan berkas, wawancara, dan pengambilan sidik jari serta foto.

"Yang bersangkutan juga telah melampirkan serta menunjukkan dokumen yang menjadi syarat permohonan baik yang asli maupun fotokopi kepada petugas yaitu KTP, Surat Bukti Perekaman KTP Elektonik, KK, Akte Lahir, dan surat pernyataan ganti nama," katanya.

Buronan kelas kakap Adelin Lis akhirnya tiba di Indonesia, Sabtu (19/6/2021).
Buronan kelas kakap Adelin Lis akhirnya tiba di Indonesia, Sabtu (19/6/2021). (Istimewa)
Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved