Breaking News:

Tentara Laut Gandeng Mahasiswa Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Salah Namo

TNI AL Tanjung Balai Asahan mengadakan kegiatan transplantasi terumbu karang demi menjaga ekosistem kelautan di Pulau Salah namo

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: Array A Argus
Tribun Medan/Doc
ILUSTRASI-Lanal TBA merangkul kalangan mahasiswa melakukan transplantasi terumbu karang. Terumbu karang Pulau Mursala. 

TRIBUN-MEDAN,KISARAN-Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) melakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Salah Namo Kabupaten Batubara.

Dalam kegiatan ini, tentara laut gandeng mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk menjaga kelestarian ekosistem laut. 

Menurut Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, dia melihat kondisi terumbu karang di Pulau Salah Namo sudah rusak. 

Baca juga: Salat Gaib Hingga Pengibaran Bendera Setengah Tiang Dilakukan Lanal TBA Hornati Korban KRI Nanggala

"Terumbu karang di perairan sekitar Pulau Salah Namo ini sudah tidak terawat, karena itu kegiatan ini bertujuan untuk kembali melestarikan terumbu karang yang menjadi tempat hidup biota laut," kata Robinson, Selasa (22/6/2021). 

Dia mengatakan, dirinya sengaja menggandeng mahasiswa, agar para penerus bangsa ini bisa sama-sama menjaga ekosistem kelautan di Sumatera Utara

Besar harapannya, dengan kegiatan transplantasi terumbu karang ini, biota laut akan tetap terjaga dan tidak punah. 

"Dengan menjaga terumbu karang, maka kita juga telah menyelamatkan spesies ikan dan anemon laut yang hidup di terumbu karang," ujarnya. 

Baca juga: Mesin Kopi Jadi Kenangan Terakhir Komandan Lanal TBA dari Letkol Heri, Komandan KRI Nanggala 402

Ia menjelaskan, kegiatan ini bersifat berkesinambungan dan berkelanjutan.

Sebab menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya melakukan transplantasi saja, namun tetap melakukan pengecekan dan perawatan. 

"Kegiatan ini sifatnya berkesinambungan tidak cuma berhenti pada transplantasi terumbu karang saja, tapi juga pengecekan dan pemeliharaannya akan diperhatikan," pungkasnya.(cr2/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved