Breaking News:

Buah Naga

Manfaat Batang Buah Naga yang Jarang Diketahui, Mampu Menetralisir Racun dalam Tubuh

Batang buah naga ternyata juga memiliki manfaat yang terbilang sangat luar biasa, yaitu mampu menetralisir racun dalam tubuh.

Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Pembudidaya buah naga sedang memanen buah naga yang sudah matang di kebun buah naga yang terletak di Desa Matang, Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (18/7/2015) pagi. Budi daya buah naga di Kabupaten Sambas mengalami peningkatan, perbuahnya bisa mencapai delapan ons dengan kualitas A yang dijual Rp15 ribu per kilogramnya. Namun, untuk pemasarannya sendiri masih terkendala akses transportas sehingga susah untuk dijual ke kota-kota besar di Kalimantan Barat. 

TRIBUN-MEDAN.com - Manfaat buah naga untuk kesehatan maupun untuk kecantikan banyak diketahui publik. Namun bagaimana dengan mafaat batang buah naga?

Batang buah naga ternyata juga memiliki manfaat yang terbilang sangat luar biasa, yaitu mampu menetralisir racun dalam tubuh. 

Manfaat batang buah naga ini pernah diungkap oleh Program Indonesia Bangun Desa, sebuah program untuk membangun desa melalui program pemberdayaan masyarakat dengan agropreneur.

Adapun cara mengolah batang buah naga adalah dengan cara membersihkan pinggiran batang buah naga yang berduri-duri .

Lalu batang dipotong menjadi dua dan bagian kambiumnya dibuang terlebih dahulu karena sifatnya keras baru dimasukkan blender.

Untuk batang muda bisa langsung diblender tanpa membuang kambiumnya terlebih dahulu.

Untuk menambah aroma, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis atau lemon. Menurut Lalan, rupa jus batang pohon naga ini sangat mirip dengan jus alpukat.

Warna dan baunya nanti persis jus alpukat, bahkan banyak orang yang ngira itu jus alpukat

Menurut penelitian BPTP Balitbangtan Jawa Barat sulur (pucuk batang muda) buah naga yang masih muda sangat kaya akan gizi, dan kandungan vitamin C.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Dilansir dari Healthline dan sumber lainnya, buah naga memiliki manfaat kesehatan yang melimpah dengan kandungan nutrisinya yang beragam.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved