Breaking News:

Tapanuli Utara Usung Tema Keluarga Keren untuk Cegah Stunting, Begini yang Dilakukan

Ia juga mengatakan bahwa keluarga berkualitas juga didukung oleh perencanaan matang dalam keluarga soal jumlah anak.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ayu Prasandi
IST
Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tengah memperingati Hari Keluarga Nasional (HKN) yang mengusung tema, "Keluarga Keren Cegah Stunting".   

TRIBUN-MEDAN.com, TARUTUNG - Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) tengah memperingati Hari Keluarga Nasional (HKN) yang mengusung tema, "Keluarga Keren Cegah Stunting". 

Dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Satika Simamora mengatakan bahwa keluarga harus berperan aktif menjaga kesehatan anak sehingga dapat bertumbuh dengan baik.

“Sesuai dengan tema peringatan HKN, ‘Keluarga Keren Cegah Stunting’ kita semua harus berperan aktif untuk memperhatikan kesehatan anak sehingga anak tumbuh dengan memiliki tinggi badan sesuai dengan umurnya terutama memiliki gizi yang cukup," ujar Satika Simamora dalam paparan tertulis yang diterima oleh tribun-medan.com pada Jumat (25/6/2021).

"Khususnya kaum ibu harus lebih fokus dalam pencegahan stunting ini dan seorang ibu harus mampu memanage dirinya sendiri dengan baik sehingga menjadi contoh dalam keluarga tersebut,” sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa keluarga berkualitas juga didukung oleh perencanaan matang dalam keluarga soal jumlah anak.

Baca juga: Mikkel Damsgaard Jadi Sorotan Bersama Timnas Denmark, AC Milan Minta Bantuan Simon Kjaer

“Keluarga berkualitas dapat dicapai dengan perekonomian yang cukup sebagai salah satu faktor pendukungnya," tuturnya.

"Orangtua juga harus membuat perencanaan yang matang dalam menentukan jumlah anak dengan mempertimbangkan faktor kesehatan dan perekonomian sehingga perawatan dan pendidikan si anak akan lebih terencana dengan baik," ungkapnya.

"Sebagai orangtua harus bertanggungjawab penuh atas masa depan anak karena falsafah mengatakan ‘anakkon ki do hamoraon di au’. Jargon "dua anak cukup" yang sudah lazim dikumandangkan dalam program KB sebelumnya, saat ini selayaknya berubah menjadi "dua anak lebih sehat".

Kita harus mewariskan generasi muda yang unggul demi terwujudnya keluarga sehat, bahagia, dan berkualitas,” imbaunya.

Kadis KBP3A Taput, Sudirman Manurung melaporkan bahwa peringatan HKN ke-28 ini dengan thema 'Keluarga Keren Cegah Stunting' diisi dengan kegiatan  pelayanan KB serentak sejuta akseptor dan juga pelaksanaan bakti sosial TNI-KB Kesehatan.

Baca juga: KABAR GEMBIRA, Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Langkat Terus Menurun, Saat ini 69 Hanya Dirawat

“Pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan keluarga berkualitas, saat ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menargetkan sebanyak 1.270 akseptor, dimana, khusus untuk wilayah Kecamatan Siatas Barita ditargetkan sebanyak 112 akseptor,” jelas Sudirman Manurung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Pengerak PKK Taput mengirim bantuan kepada para akseptor KB dan petugas pelayanan KB yang dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan KB.

Dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Tapanuli Utara Satika Simamora  didampingi Kadis KBP3A Taput Sudirman Manurung, Camat Siatas Barita dan para pengurus TP PKK menghadiri peringatan  Hari Keluarga Nasional yang ke-28 tahun 2021 Kabupaten Tapanuli Utara bertempat di Puskesmas Siatas Barita pada Kamis (24/6/2021).

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved