Breaking News:

Wakil Sumut di PON XX Papua, Sarohatua Lumban Tobing Juga Incar SEA Games Vietnam 2021

Sarohatua Lumban Tobing akan mewakli Provinsi Sumatera Utara pada ajang PON XX Papua. Tapi, ia juga mengincar ke tingkatan yang lebih tinggi.

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
SAROHA Tobing, atlet tinju Sumut yang mendapat tiket PON Papua yang akan dilaksanakan Oktober 2021 mendatang. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sarohatua Lumban Tobing akan mewakli Provinsi Sumatera Utara pada ajang PON XX Papua. Tapi, ia juga mengincar ke tingkatan yang lebih tinggi.

Saroha mengatakan, saat ini ia tengah fokus persiapan jelang PON Papua. Bahkan ia sedang Training Camp (TC) bersama tim pelatnas (pemusatan pelatihan nasional). Pemusatan latihan itu ia lakoni di Batam.

Ia mengatakan, awalnya TC ia lakoni di Medan, namun jadwal persiapan PON Papua berbarengan dengan seleksi nasional (seleknas) Sea Games Vietnam tahun 2021.

Seleknas tersebut bertujuan untuk mencari perwakilan Indonesia di ajang tersebut. Secara otomatis, Saroha dalam waktu dekat ini akan menghadapi dua kompetisi bergengsi.

"Saat ini fokus latihan. Saya sudah mulai TC. Sebenarnya saya TC untuk PON di Medan, tapi kebetulan ada juga seleksi nasional di Jakarta. Saya jadi ikut tim pelatnas tim merah di Batam. Jadi sekarang latihan nya di Batam," ucapnya saat dikonfirmasi Tribun Medan, Kamis (24/6/2021).

Lanjutnya, latihan yang ia lakoni sekaligus untuk persiapan Seleknas tersebut. Saat ini sedang tahap persiapan umum dan banyak latihan fisik. Adapun materi latihan yang ia jalani adalah lari 10 km, lari sprint dan latihan beban. Untuk taktik, sparing seminggu satu kali. Saroha menyampaikan ia bermain untuk kelas 69 kg.

Saroha menyampaikan, untuk jadwal latihan ia lakukan dari hari Senin sampai Sabtu. Setiap hari terdiri dari 2 sesi pagi dan sore. Sesi pagi di mulai pukul 06.30 WIB - 09.00 WIB. Sesi sore di mulai pukul 15.30 WIB - 18.00 WIB.

"Persiapannya sekalian untuk Seleknas. Saat ini saya lebih ke persiapan umum, dan banyak latihan fisik. Untuk jadwal latihan, setiap hari, kecuali hari minggu," ujarnya.

Saat di singgung mengenai siapa lawan terberat, Saroha mengungkap, atlet dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat patut di waspadai. Atlet dari dua provinsi tersebut merupakan pemain Tim Nasional Tinju yang kelasnya sama dengannya, yaitu 69 kg.

Saroha memulai karir tinjunya sejak ia masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Dengan tinju, ia dikenalkan oleh Ayahnya yang berprofesi sebagai pelatih tinju dan memiliki sasana tinju bernama Sarohatua Boxing Camp, di daerah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Prestasi
1. Medali emas PraPON Kepri  2015
2. Medali Perunggu PON Jabar 2016
3. Medali Perak Seagames Malaysia 2017
4. Medali emas PraPON Bengkulu 2019

Bio File
Nama : Sarohatua lumbantobing
Ttl : Tarutung , 22 agustus 1997
Hoby : Olah raga

(cr12/tribunmedan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved