Breaking News:

Jalan Baru di Binjai Diusulkan Bernama Jalan Datuk Sulung Barat, Siapakah Dia?

Jalan ini merupakan jalur alternatif yang terhubung dengan Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan. 

Penulis: Satia | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/SATIA
Ketua DPRD Kota Binjai Noor Sri Syah Alam Putra menyatakan telah mengirim surat kepada Pemko Binjai untuk menamakan jalan yang baru dibangun menjadi Jalan Datuk Sulung Barat. 

TRIBUN MEDAN.com, BINJAI - Jalan Makalona yang baru dibangun oleh pemerintah kini tengah diusulkan namanya menjadi Jalan Datuk Sulung Barat. Jalan ini merupakan jalur alternatif yang terhubung dengan Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan.

"Saya atas nama kelembagaan DPRD Binjai sudah menyurati Wali Kota untuk menamai Jalan Makalona menjadi Jalan Datuk Sulung Barat," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Binjai, Noor Sri Syah Alam Putra, Senin (28/6/2021). 

Pria yang karib disapa Kires ini mengatakan, pengusulan nama jalan ini datang dari keluarga Kedatukan Sunggal. Dia menjelaskan, Kedatukan Sunggal menemuinya untuk bermohon agar jalan yang baru dibangun tersebut atas nama Jalan Datuk Sulung Barat

Datuk Sulung Barat adalah satu di antara pejuang yang ikut melawan penjajah di Timbang Langkat. Puncaknya pada 17 Mei 1872, penjajah diusir dari Timbang Langkat. 

Karenanya, 17 Mei 1872 dijadikan hari lahir Kota Binjai.

"DPRD sudah sepakat untuk mengabadikannya sebagai nama jalan," seru dia. 

"Wajar diabadikan nama Jalan Datuk Sulung Barat karena Datuk tersebut yang memimpin peperangan. Kita selalu ketua DPR merasakan pantas menjadi nama jalan sebagai pahlawan karena perjuangkan kemerdekaan dari penjajah," katanya.  (wen/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved