Breaking News:

Permohonan Pembuatan Paspor Turun Sampai 50 Persen, Kantor Imigrasi Medan 'Jemput Bola'

Selama masa pandemi Covid-19, permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Medan di Jalan Gatot Subroto, Medan, berkurang hampir setengah.

Penulis: Fredy Santoso | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/FREDY SANTOSO
Suasana di ruang tunggu Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Selasa (29/6/2021) terlihat sepi. Jumlah permohonan pembuatan paspor menurun sekitar 50 persen selama masa pandemi. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Selama masa pandemi Covid-19, permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Medan di Jalan Gatot Subroto, Medan, berkurang hampir setengah.

"Pengurusan paspor ini memang sangat terpengaruh dengan adanya pandemi ini. Sangat menurun drastis untuk priode tahun 2020 sampai 2021 ini dibandingkan tahun 2019. Mungkin seharinya hanya ada 20-30 orang," kata Kepala Seksi Dokumen Perjalanan Imigrasi Medan, Adityo. Selasa (29/6/2021).

Kata Adityo, selama dua tahun belakangan persentase pembuatan paspor menurun sebanyak 50 persen. Menurutnya, ini tentu berpengaruh kepada penurunan pendapatan bukan pajak.

Meski demikian, pelayanan pembuatan paspor tetap berjalan seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, untuk mengantisipasi kerumunan, imigrasi Medan menerapkan sistem online untuk pemohon yang ingin mendapatkan no antrean.

"Jadi kita tetap melayani pembuatan paspor hanya saja untuk mendapatkan kartu antrian, harus dilakukan secara online. Bisa di-downlod Apapo Paspor Online di aplikasi Playstore," tuturnya. 

Adityo mengatakan, setelah mendapat kartu antrian secara online, para pembuat paspor tetap harus mendatangi kantor imigrasi. Sebab, kepengurusan paspor memang masih memerlukan tatap muka.

Selama pandemi Covid-19, Kantor Imigrasi berupaya proaktif dengan meluncurkan layanan Eazy Passport.

"Eazy Passport ini pelayanan jemput bola dimana kita mendatangi komplek maupun komunitas atau perkantoran apabila mereka ada permohonan. Minimal ada 50 orang, bisa kita layani," tutupnya. (cr25/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved