Breaking News:

Sampah Menumpuk Hampir Sebulan di Desa Medan Estate, Ternyata Perangkat Desa Diperiksa Jaksa

Hampir sebulan sampah menumpuk di Jalan Letda Sujono tak kunjung diangkut petugas kebersihan.

Penulis: Almazmur Siahaan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ALMAZMUR SIAHAAN
Sampah menumpuk di Jalan Letda Sujono, Dusun I, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Selasa (29/6/2021). Di beberapa titik, sampah menumpuk hampir sebulan. 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Hampir sebulan sampah menumpuk di Jalan Letda Sujono, Dusun I, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, dan tak kunjung diangkut petugas kebersihan.

Pantauan Tribun-Medan, ada sekitar 4 titik penumpukan sampah yang terlihat menggunung di pinggir Jalan Letda Sujono, Dusun I.

Kepala Dusun I, Dani membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, tumpukan sampah tersebut terjadi karena adanya permasalahan pengutipan biaya angkut sampah.

"Belum sampai sebulan, tapi memang sudah ada sekitar 3 minggu lebih sampah itu belum diangkut. Memang karena saat ini dari kantor desa kita sedang ada masalah tentang kebersihan. Jadi semua perangkat desa lagi diperiksa di kejaksaan, karena ada beberapa oknum yang mengadukan masalah iuran.

Sampai sekarang ini pun masih dalam tahap pemeriksaan. Jadi pihak kecamatan pun belum berani untuk mengangkut sampah karena masalah pemeriksaan itu," ujar Dani, Selasa (29/6/2021)

Dani mengatakan, kondisi sampah sebelumnya lebih menumpuk lagi daripada kondisinya saat ini.

"Beberapa hari ini sudah lumayan lah karena warga dan pemuda setempat juga sama-sama bergotong royong membersihkan dan membakar sampah itu. Sebelumnya kondisinya lebih menumpuk lagi," katanya.

Salah satu warga, Iwan mengatakan, penumpukan sampah berhari-hari di situ bisa menjadi sumber penyakit bagi warga setempat.

"Sudah hampir sebulan sampahnya tidak diangkut. Kalau begini terus kan bisa jadi sumber penyakit juga sama warga di sini," ujarnya.

Dani mengakui, karena adanya permasalahan ini, penanganan sampah khususnya di Dusun I menjadi lambat. Namun, ia yakin ke depannya permasalahan sampah tersebut pakan ditangani oleh Camat Percut Seituan.

Dikatakannya, permasalahan tentang iuran sampah tersebut sudah terjadi beberapa pekan yang lalu.

Dani menambahkan, sebelumnya, dua hari sekali sampah yang ada di Jalan Letda Sujono khususnya Desa Medan Estate pasti diangkut oleh petugas kebersihan.

"Kalau yang di Jalan Protokol biasanya 2 hari sekali itu diangkut. Bahkan setiap hari pun kadang diangkut juga sama petugas yang dari kecamatan, kadang pagi kadang juga siang," jelas Dani. (cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved