Breaking News:

Jaksa Bidik Pejabat PDAM Tirtalihou Simalungun, Rumah Direktur Digeledah

Kejati Sumut tengah membidik sejumlah pejabat PDAM Tirtalihou Simalungun terkait korupsi dana hibah

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Penyidik Pidsus dari Kejati Sumut menyegel sejumlah ruangan di Kantor PDAM Tirta Lihou, Kamis (1/7/2021) siang.(TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI) 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIMALUNGUN-Tim Pidana Khusus Kejati Sumut saat ini turutn ke Simalungun mengusut dugaan korupsi dana hibah di PDAM Tirtalihou Simalungun.

Dalam kasus ini, penyidik menggeledah sejumlah tempat, termasuk Kantor PDAM Tirtalihou dan rumah Direktur Betty Sinaga

Menurut Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, adapun dugaan korupsi ini berkenaan dengan proyek pemasangan sambung rumah (SR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: KEJATI Buka Suara Soal Penggeledahan Rumdis Direktur PDAM Simalungun: Dugaan Korupsi SR-MBR

"Program hibah air minum sebanyak 4.637 sambungan, rinciannya 2.637 SR pada tahun 2019 dan sebanyak 2000 SR pada tahun 2018,"

"Serta ada pungutan liar dalam pemasangan sambung rumah (SR) kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dilakukan oleh PDAM Tirtalihou Simalungun," kata Sumanggar, Kamis (1/7/2021).

Sumanggar menerangkan, bahwa giat penggeledahan tersebut untuk mencari dokumen dokumen yang dibutuhkan dalam penyidikan.

Baca juga: DITUNTUT 5 TAHUN PENJARA, Edhy Prabowo: Saya Tidak Berniat Korupsi

Kegiatan penggeledahan masih berjalan sampai saat ini. 

Bahwa dalam perkara ini tim penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara belum menetapkan tersangka dan terkait kerugian negara masih dilakukan perhitungan. 

"Adapun total dana hibah yang dikelola untuk pemasangan SR-MBR mencapai Rp 14,1 miliar, yang terdiri dari hibah senilai Rp 6 miliar pada tahun 2018 dan hibah senilai Rp 8,1 miliar pada tahun 2019," kata Sumanggar.

Baca juga: KASIHAN Mbak You Detik-detik Sebelum Meninggal Alami Sesak Napas menuju Rumah Sakit

Dalam penggeledahan ini, tim menemukan berkas-berkas penting terkait penanganan perkara di Rumah Dinas Direktur PDAM Tirta Lihou Betty Sinaga di Kompleks Pemkab Simalungun.

"Sehingga nanti penyidik akan mendalami sejauh mana peran Direktur Utama dalam Dugaan Tindak Pidana Korupsi pada kegiatan pemasangan Sambungan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (SR-MBR) Pada PDAM Tirta Lihou Kabupaten Simalungun," pungkas Sumanggar.(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved