Breaking News:

Tokopedia Bagikan Dua Kisah UMKM, Pahlawan Ekonomi Medan Omzet Belasan Juta

Terkait hal ini, Tokopedia telah menjalin kolaborasi strategis dengan Pemerintah Kota Medan sejak Agustus 2020 lalu.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
HO
Pengusaha minyak Karo Laucih yang menjadi usaha turun-temurun empat generasi yang dilanjutkan Nuansa Putra Kaban bersama Trudly Karo yang turut memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam memperingati  HUT ke-431 Kota Medan, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif hyperlocal untuk membantu pegiat usaha, termasuk UMKM Medan, mengembangkan daya saing melalui teknologi demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni  mengungkapkan bahwa melalui teknologi Tokopedia melakukan pendampingan untuk digitalisasi UMKM lokal.

Baca juga: Detik-detik Pencuri Sepatu Terekam CCTV di Masjid Tanjungmorawa, Korban Terpaksa Pulang Nyeker

"Pandemi mendorong masyarakat beradaptasi melalui teknologi, untuk itu Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mendukung upaya pemberdayaan UMKM melalui pendampingan intensif serta berkolaborasi dengan pemerintah daerah, guna mewujudkan digitalisasi UMKM lokal," ungkap Astri, (1/7/2021).

Terkait hal ini, Tokopedia telah menjalin kolaborasi strategis dengan Pemerintah Kota Medan sejak Agustus 2020 lalu.

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution juga turut mendukung Tokopedia untuk mendorong digitalisasi untuk pemasaran produk lebih luas.

"Pemerintah Kota Medan selalu berkomitmen mendukung perkembangan UMKM lokal. Kehadiran Tokopedia yang memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Medan untuk memasarkan hasil usahanya memberikan dampak positif kepada masyarakat Medan sekaligus mendorong pemulihan ekonomi daerah," tuturnya.

Tokopedia pun mencatat beberapa temuan menarik, khususnya terkait tren belanja masyarakat Medan selama 2020. Kategori Kesehatan, Elektronik, Fashion, Rumah Tangga serta Makanan dan Minuman menjadi beberapa kategori yang paling populer di Tokopedia.

Selain itu, adanya fitur PBB online di Tokopedia juga mendorong peningkatan transaksi pembayaran PBB di Medan dengan lebih dari 5 kali lipat selama Q1 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu  sehingga mampu menambah pendapatan daerah Kota Medan.

Baca juga: Jumlah Penumpang Di Kereta Api Yang Positif Covid-19 Melalui GeNose C-19 Baru 10 Orang

Penjualan Semakin Meningkat

Beberapa pelaku usaha turut membantu dengan adanya digitalisasi, diantaranya ada Minyak Karo Laucih.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved