Breaking News:

WASWAS di Kabupaten Toba Terjadi Learning Loss, IGI Terjunkan Tim Desain PTM Terbatas

Alasan pengajuan desain PTM terbatas tersebut adalah sebagian besar daerah di Kabupaten Toba masih berada pada zona hijau paparan Covid-19.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/IST
UPDATE COVID 19 DI TOBA - Peta paparan Covid-19 di Kabupaten Toba pada Kamis (1/7/2021). (Tribun-medan.com/IST) 

Takut Bahwa Kabupaten Toba Terjadi Learning Loss, IGI Toba Terjunkan Tim Desain PTM Terbatas

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Perhatian Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Toba terhadap keberlangsungan pendidikan yang optimal diperlihatkan dengan menerjunkan tim desain Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19.

Ketua IGI Joko Lumban Toruan menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyusun desain yang akan diajukan kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Toba. Ketakutan terbesar mereka adalah terjadinya learning loss.

"Kita memohon kepada Dinas Pendidikan Toba agar jangan semua lost learning. Maka kita sudah buat desain untuk pembelajaran tatap muka secara terbatas yang akan kita usulkan nantinya," ujar Ketua IGI Toba Joko Lumban Toruan saat dikonfirmasi tribun-medan.com pada Jumat (2/7/2021).

Bahkan, pihaknya sudah perkirakan bahwa 10 tahun kemudian bisa saja generasi di Toba tak sanggup bersaing dengan kawasan lain akibat terjadinya learning loss tersebut.

"Ketakutan kita bahwa generasi Toba 10 tahun kemudian tidak sanggup bersaing dengan yang lain," sambungnya.

Ketakutan tersebut ternyata sudah menjadi bahan perbincangan di internal IGI Toba.

"IGI Toba merupakan wadah bagi para guru di Toba untuk saling berbagi pengalaman dan kegiatan yang dilaksanakan setiap harinya. Kita intens berbagi. Lost learning di Kabupaten Toba ini sudah kelihatan," tuturnya.

"Dalam berbagi itulah, kita bisa lihat dan pelajari bahwa ada ketakutan kita akan terjadinya lost learning bila proses pembelajaran seperti ini terus berlangsung," sambungnya.

Secara nyata melalui proses pembelajaran dan masa pandemi Covid-19 yang hampir 2 tahun ini, ia menyampaikan bahwa kulaitas pengetahuan anak didik di Kabupaten Toba menurun drastis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved