Breaking News:

Pemkab Karo Larang Semua Jambur dan Balai Pertemuan Adakan Kegiatan, Ini Penjelasannya

Pemkab Karo melarang semua kegiatan di jambur maupun balai pertemuan untuk beberapa waktu kedepan

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Array A Argus
Tribun-medan.com/ Nasrul
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, melakukan pengambilan sampel rapid tes antigen terhadap tamu undangan pesta di Jambur yang ada di Jalan Kartini, Kabanjahe, Jumat (28/5/2021). (Tribun-medan.com/ Nasrul) 

TRIBUN-MEDAN.COM,KABANJAHE-Saat ini, Pemkab Karo larang semua jambur dan balai pertemuan untuk adakan kegiatan.

Hal itu menyusul terbitnya keputusan Bupati Karo Cory Sebayang pertanggal 2 Juli 2021 kemarin.

Adapun alasan Bupati Karo Cory Sebayang melarang kegiatan di jambur dan balai pertemuan semata-mata untuk mengantisipasi penularan Covid-19

"Kita lihat memang penyebaran virus corona di Kabupaten Karo masih cukup tinggi. Untuk itu, kami memutuskan kembali menutup aktivitas di jambur," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala, Minggu (4/7/2021).

Baca juga: Arti O Simulih Karaben Karya Komponis Nasional Asal Karo Djaga Depari Yang Menyentuh Hati

Dia mengatakan, sebelum melakukan pelarangan, Pemkab Karo sudah lebih dahulu memberikan imbauan terkait pembatasan kegiatan masyarakat. 

"Selama ini juga sudah kita batasi, tapi ternyata kerumunan tetap tidak terhindarkan. Kemarin sudah jelas aturannya seperti tempatnya sudah diatur, tapi tidak diterapkan," katanya. 

Irna menjelaskan, melihat kondisi jumlah penyebaran pandemi di Kabupaten Karo yang beragam, maka keputusan ini mau tak mau harus diambil dan harus dipatuhi segenap masyarakat di Kabupaten Karo. 

Baca juga: Resep Mudah Membuat Cimpa Cemilan Khas Karo, Didominasi Rasa Manis Dan Gurih

"Untuk kegiatan pesta dan duka cita yang dilakukan di jambur, kita tutup sementara di tiga kecamatan. Seperti di Kecamatan Berastagi, Kabanjahe, dan Tigapanah," ucapnya. 

Dirinya menjelaskan, keputusan ini kembali diterapkan demi untuk menghindari potensi terjadinya kerumunan. 

Lebih lanjut, untuk meningkatkan pengamanan dan pencegahan hingga ke tingkat bawah, Irna mengatakan pihaknya berencana akan kembali mengaktifkan Satgas Penanganan Covid-19 yang ada di kecamatan.

Baca juga: Pendaftaran CPNS Karo Sudah Bisa Diakses, Berikut Rincian Formasinya

Selain itu, dirinya mengatakan pihaknya juga akan kembali meningkatkan pengamanan di pasar-pasar terutama di tiga kecamatan tersebut.

Sebagaimana diketahui, jambur atau balai pertemuan kerap dipakai masyarakat untuk mengadakan beragam kegiatan.

Tapi di tengah pandemi seperti sekarang ini, dikhawatirkan kegiatan di jambur atau balai pertemuan justru akan memudahkan penularan Covid-19 di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan para lanjut usia yang rentan kesehatannya.(cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved