Breaking News:

Pemkab Sergai Rencanakan Hutan Kota di Perbaungan

Kawasan ini bisa dijadikan tempat wisata tani di tengah kota. Namun untuk mewujudkan hal itu, harus dikaji terlebih dahulu.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
BUPATI dan Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya dan Adli Tambunan mengecek lokasi hutan yang ada di area depan Replika Istana Sultan Serdang di Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan, Jumat (2/7/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SEIRAMPAH - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) berencana area hutan yang ada di depan bangunan Replika Istana Sultan Serdang di Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan sebagai Taman Hutan Kota. Selama ini lokasinya tanpa ada perawatan khusus sehingga belum tertarik untuk dikunjungi. Hutan ini pun sempat dikunjungi oleh Bupati dan Wakil Bupati, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan, Jumat (2/7/2021).

Mereka datang dengan didampingi istrinya masing-masing. Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun terlihat hadir saat itu seperti Kadis PUPR, Johan Sinaga. Banyak hal yang saat itu diperhatikan mulai dari tanaman yang tumbuh di hutan hingga tanaman padi yang ada di sekitar rel kereta api.

”Kawasan ini bisa kita jadikan tempat wisata tani di tengah kota. Namun untuk mewujudkan hal itu, kita harus mengkaji terlebih dahulu, apakah kondisinya tepat dijadikan sebagai Taman Hutan Kota atau tidak,” kata Darma Wijaya.

Pria yang akrab disapa Wiwik ini menyebut, kawasan ini tentu memiliki potensi jika dikelola dengan baik. Dari segi ekonomi bisa berdampak kepada kesejahteraan masyarakat setempat. Apa yang diucapkannya itu pun disepakati oleh yang lainnya.

Baca juga: Ternyata di Indonesia Ada Hutan Khusus Perempuan, Lelaki Dilarang Masuk Hingga Bisa Didenda

"Begitu pun dari segi lingkungan tentu akan lebih bersih, nyaman dan indah tentunya ini," kata Wiwik.

Wakil Bupati, Adlin Tambunan meyebut, keberadaan sawah yang membentang akan menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini lantaran sawah sekarang ini banyak diincar wisatawan jika memang dikelola dengan baik.

"Seperti yang diutarakan Pak Bupati, jika tempat ini memang berpotensi, kita akan tata wilayahnya. Apalagi di kawasan ini sudah ada Replika Istana Sultan Serdang sebagai salah satu ikon Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ucap Adlin.

Adlin menyebut, area ini cukup strategis karena banyak sarana olahraga. Selain posisinya boleh isebut bedara di tengah kota. Terdapat juga  terdapat juga sawah, ada joging track, Gelanggang Olah Raga (GOR) dan kolam renang yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

"Jadi sudah lengkap, tinggal di tata kembali saja. Rencananya juga akan kita bangun taman lansia, taman bermain anak-anak serta sarana prasaran bermain lainnya,” kata Adlin. (dra/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved