Breaking News:

WAJIB TAHU, Sekarang Penumpang Kereta Api di Sumut Harus Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen

PT KAI Divre I Sumut menerbitkan kebijakan bahwa setiap penumpang sekarang wajib tunjukkan hasil rapid test antigen

Penulis: Kartika Sari | Editor: Array A Argus
Tribun Jateng /Hermawan Handaka
Kemenhub Membatalkan Mudik Gratis imbas Mewabahnya Virus Corona, Masa Darurat pun Diperpanjang. PT KAI Daop 4 Semarang melakukan penyemprotan disinfektan pada Kereta Api Argo Muria jurusan Semarang tujuan Gambir, Minggu (15/03/20). Penambahan frekuensi penyemprotan disinfektan ini untuk mencegah berjangkitnya virus Corona (Covid-19). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN-Mulai Senin (5/7/2021) besok, penumpang Kereta Api antarkota di wilayah Sumatera Utara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen maksimal 1x24 jam atau tes RT-PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. 

“Aturan tersebut mengacu pada SE Kemenhub No 42 Tahun 2021 tentang petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19,” kata Vice President PT KAI Divre I SU, Daniel Johannes Hutabarat, Minggu (4/7/2021).

Regulasi ini berlaku mulai tanggal 5-20 Juli 2021 mendatang.

Baca juga: Genose Diusulkan Dihapus, PT KAI Sumut: Tunggu Keputusan Dari Kementerian Perhubungan

Adapun untuk penumpang di bawah 5 tahun tidak diharuskan menujukkan hasil rapid test antigen atau RT-PCR.

Setiap penumpang harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Selain itu, pelanggan KA juga tidak diperbolehkan berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan, serta tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan individu tersebut.

Baca juga: Rumah Nenek 93 Tahun Dikosongkan PT KAI, Tim Hukum Surati Menteri BUMN

Adapun untuk pelanggan KA lokal perkotaan dan KA aglomerasi tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen atau tes RT-PCR.

Menurut Daniel, PT KAI Divre I Sumut turut menyiapkan 6 stasiun yang menyediakan layanan rapid test antigen

Adapun untuk persyaratannya yaitu dengan menunjukkan kode booking atau tiket KA antarkota.

Ke-6 stasiun tersebut yaitu Stasiun Medan, Tebingtinggi, Kisaran, Tanjungbalai, Mambang Muda, dan Rantauprapat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved